Diperbarui, Path Kini Punya Fitur "Chatting"

Kompas.com - 07/03/2013, 13:14 WIB
EditorReza Wahyudi

Path Path

KOMPAs.com - Aplikasi jejaring sosial Path memasuki pembaruan tahap ketiga. Dalam pembaruan yang dirilis Rabu (6/3/2013), Path menambah layanan pesan instan yang mereka sebut sebagai private chat (obrolan pribadi).

Keberadaan obrolan pribadi, bertujuan membuat Path tetap pada esensi dasarnya, yakni jejaring sosial yang digunakan antar-teman dekat dan keluarga saja. Path ingin membangun jejaring sosial yang berkualitas. Hal ini pulalah yang membuat Path membatasi jumlah pertemanan maksimal 150 orang.

Pesan instan di Path bisa digunakan antar personal maupun grup. Pengguna bisa berkirim pesan teks, lagu, suara, stiker, video, foto dan lokasi.

Path nampak ingin menghasilkan uang dari layanannya dengan menjual item virtual. Selain stiker gratis, ada pula stiker berbayar yang bisa dibeli di dalam aplikasi (in-app purchase). Path juga menjual filter foto baru. Semua fitur baru itu hanya tersedia dalam modus obrolan pribadi.

Persaingan dalam bisnis aplikasi instan semakin memanas. Path akan bersaing dengan Line, KakaoTalk, WeChat, yang notabene sangat populer di kawasan Asia. Ketiganya juga mulai serius merambah pasar Indonesia.

Sejak diluncurkan pada November 2010, Path hingga kini hanya tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS dan Android.

Perusahaan ini didirikan oleh Shawn Fanning dan mantan petinggi Facebook, Dave Morin. Berkantor di San Fransisco, California, AS, Path telah mendapat suntikan dana dari investor perorangan maupun perusahaan.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X