Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2013, 17:11 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan Angkatan Laut, Udara dan Darat Korea Utara menggelar latihan militer baru.

Selain latihan yang sedang digelar, menurut Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Korea Utara juga mempersiapkan untuk mengadakan lagi latihan militer.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan, Kim Min-seok, mengatakan latihan militer di negara tetangga itu bisa menjadi ancaman sewaktu-waktu.

"Korea Utara saat ini mengadakan berbagai latihan militer di darat, laut dan udara," kata Kim Min-seok, Kamis (07/03)

"Kami memperkirakan latihan-latihan ini bisa selalu mengarah ke provokasi, jadi militer kami juga memantau dengan seksama aktivitas militer dan persiapan-persiapan Korea Utara," tambah Kim Min-seok. 

Persiapan Perang

Latihan militer Korea Utara terjadi ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat menggelar latihan gabungan tahunan. Latihan gabungan skala besar itu melibatkan 13.000 personel.

Lucy Williamson, wartawan BBC di ibu kota Korea Selatan, Seoul, melaporkan latihan militer tahunan ini merupakan hal yang menjengkelkan bagi Korea Utara.

Korea Utara menganggap latihan tersebut sebagai persiapan perang.

Ketegangan di kawasan Semenanjung Korea meningkat setelah Korea Utara melakukan uji coba nuklir terbaru dan di tengah upaya Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan sanksi sebagai hukuman atas uji coba nuklir.

Pada Selasa (05/03) Korea Utara mengancanm akan Klik membatalkan gencatan senjata tahun 1953 yang mengakhiri perang Korea.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.