Kompas.com - 08/03/2013, 08:26 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

TouchTen Train Legend

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat toko aplikasi Google Play merayakan ulang tahun pertama, Google memilih satu game asal Indonesia yang ditampilkan di halaman muka Google Play, Rabu (6/3/2013). Game tersebut adalah Train Legend yang dibuat perusahaan rintisan (startup) TouchTen asal Jakarta.

Train Legend dipilih oleh Google bersama nama perusahaan game besar yang mendunia, seperti Disney dan Square Enix. Apa yang dilakukan Google ini menjadi kado tersendiri bagi TouchTen yang juga sedang merayakan ulang tahun keempat.

CEO TouchTen Anton Soeharyo menyatakan rasa terima kasihnya kepada tim Google Play. Jumlah unduhan Train Legend pun meningkat pesat. "Ini adalah kejutan ulang tahun yang bagus untuk TouchTen. Kita merayakan tonggak ini dan bertekad untuk membuat Indonesia berbangga di tingkat internasional," katanya.

Train Legend merupakan game puzzle sederhana berwarna-warni, yang mengharuskan pemain menghubungkan stasiun kereta berwarna sama. Caranya ialah dengan menyeret jari di sepanjang grid.

Selain di Android, Train Legend juga tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS, yang bisa diunduh secara gratis.

TouchTen meraih prestasi gemilang melalui game Infinite Sky yang dirilis pada Juli 2012. Game perjalanan pesawat tempur itu telah menembus 500 ribu unduhan di Apple App Store.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, Infinite Sky masuk dalam 10 besar aplikasi terlaris App Store kala itu, sempat tercatat di posisi 9, Top 10 Apps (semua kategori) di Amerika Serikat. Di Inggris, game itu tercatat di posisi 5. Infinite Sky juga tersedia untuk Android.

Sejak didirikan pada 2009, TouchTen telah menghasilkan 15 judul game. Mereka sedang mengerjakan beberapa game lagi yang akan dirilis tahun ini. Pemodal ventura Ideosource sempat berinvestasi untuk TouchTen yang kini diasuh 15 karyawan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.