Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pilkada Sumut

Tifatul: PKS Geser Basis Massa Golkar dan PDI-P

Kompas.com - 09/03/2013, 09:21 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com  Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring menilai, pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi yang sementara memimpin perolehan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara membuktikan suara PKS masih solid di daerah.

Tifatul mengakui, kemenangan PKS di Jawa Barat setelah Ahmad Heryawan kembali menjabat gubernur dan kemenangan di Sumatera Utara merupakan bukti terjadinya pergeseran suara basis massa partai.

"Dulunya Jabar dan Sumut kan basisnya Golkar dan PDI-P. Sekarang terjadi pergeseran yang signifikan," kata Tifatul Sembiring seusai memberikan kuliah umum di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/3/2013).     

Kasus korupsi impor daging sapi yang menyeret mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menjadi tersangka tidak lantas membuat PKS terpuruk. "Ini bukti kecepatan kita untuk merespons jadi persoalan tidak terlalu dominan di media. Setelah kami jelaskan ke publik, mereka cukup mengerti," ujar Tifatul yang juga menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika ini.     

Tifatul berharap, jika nanti memenangkan pilkada, Gatot-Erry dapat bekerja untuk semua golongan, suku, agama, dan partai mana pun. Mereka perlu menggandeng semua komponen saat memimpin Sumut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com