Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Firefox Tolak Sambangi iOS

Kompas.com - 11/03/2013, 10:32 WIB

mozilla.com Mozilla Firefox rilis versi terbaru,

KOMPAS.com - Mozilla mengatakan enggan membuat aplikasi peramban (browser) Firefox untuk iOS, selama Apple belum "membuka diri" dan tidak mempersilakan pengembang aplikasi browser pihak ketiga untuk membuat mesin rendering sendiri di iOS.

Seperti diketahui, aplikasi browser pihak ketiga di iOS melakukan rendering situs web menggunakan komponen UIWebView dari Apple. Sementara itu, Apple sendiri menggunakan mesin rendering berbeda yang lebih cepat bernama Nitro di browser Safari untuk iOS.

Apple tidak mengekspos Nitro untuk pengembang aplikasi pihak ketiga dan tidak memungkinkan mereka menulis kode mesin rendering sendiri. Hal ini membuat Safari lebih unggul dari sisi kecepatan dibandingkan browser lain di iOS, termasuk Google Chrome.

Dalam konferensi SXSW 2013 di Austin, AS, Senior Wakil Presiden Produk Mozilla, Jay Sullivan mengatakan, Mozilla tak ingin membuat Firefox menggunakan UIWebView. Ia ingin membawa mesin rendering sendiri di iOS, seperti mesin IonMonkey yang bisa dijumpai di Firefox untuk sistem operasi komputer pribadi dan Android.

Ini dilakukan agar kinerja Firefox lebih optimal dan sesuai keinginan Mozilla selaku pengembang Firefox.

Namun, tahun 2012 lalu, Mozilla sempat memamerkan prototipe aplikasi browser untuk iPad dengan kode bernama Junior yang dipakai UIWebView. Kala itu, pihak Mozilla mengatakan, "Ada banyak alasan kita harus ada di iOS, meskipun kita tidak membawa mesin rendering sendiri di sana."

Sikap serupa juga ditunjukan Mozilla terhadap Microsoft dalam sistem operasi Windows RT. Microsoft mencegah pengembang aplikasi browser pihak ketiga mengakses application programming interface (API) Win32 di Windows RT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com