Kompas.com - 11/03/2013, 15:52 WIB
EditorReza Wahyudi

INTEL Presiden dan CEO Intel Paul Otellini membawa prototipe smartphone yang menggunakan prosesor Intel Atom dan sistem operasi Android dalam Intel Developer Forum 2011 di San Francisco, Selasa (12/9/2011).

 

KOMPAS.com - Calon pengganti Paul Otellini, orang nomor satu di Intel, hingga saat ini masih belum ditentukan. Padahal, Otellini sudah akan masuk ke masa pensiun pada bulan Mei 2013 mendatang.

Dengan semakin sempitnya waktu, Intel terlihat masih belum mau terburu-buru dalam menentukan pemimpin baru. Dikutip dari situs QZ, Senin (11/3/2013), kemungkinan Intel baru akan memilih pengganti Otellini pada rapat tahunan pemegang saham pada 16 Mei 2013.

Mendekati tanggal tersebut, rumor-rumor mengenai siapa yang akan menggantikan Otellini pun mulai bermunculan. Menurut seorang sumber yang dinilai familiar dengan masalah ini, kebanyakan orang masuk ke kandidat pimpinan Intel baru berasal dari luar perusahaan Intel.

Beberapa nama yang dipertimbangkan adalah Sanjay Jha, mantan CEO Motorola, dan Patrick Gelsinger, CEO VMware yang sebelumnya pernah menjabat eksekutif Intel. Sumber tersebut menambahkan, proses pemilihan ini baru di tahap awal sehingga terlalu dini untuk memprediksi siapa yang akan menduduki jabatan tersebut.

Pemilihan pemimpin dari luar perusahaan dinilai dapat membantu Intel dalam beberapa hal. Jha, misalnya. Orang yang telah meninggalkan Motorola sejak dibeli Google pada 2012 lalu ini, menghabiskan 14 tahun di Qualcomm, sebelum bergabung ke Motorola pada 2004. Pengalamannya tersebut tentunya dapat membantu Intel untuk bermain di pasaran chip mobile, sebuah pasaran berskala besar yang masih belum terlalu menghasilkan keuntungan bagi Intel.

Sedangkan Gelsinger selama ini bekerja di VMware, perusahaan yang terkenal di bidang cloud computing. Terus bertumbuhnya pasaran mobile dan tablet membuat banyak perusahaan yang berpikir untuk berinvestasi di perangkat server cloud, sebuah "area" yang sangat dikuasai oleh Gelsinger.

Dari internal perusahaan Intel sendiri, ada tiga nama yang menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Otellini, yaitu
- Renee James, orang yang bertanggung jawab terhadap masalah software di Intel;
- Brian Krzanich, veteran Intel yang saat ini memiliki jabatan sebagai Chief Operating Officer;
- Stacy Smith, Chief Financial Officer dan Director of Corporate Strategy.

Siapakah yang akan ditunjuk oleh Intel nantinya? Mari kita tunggu saja perkembangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.