Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Kandidat Orang Nomor Satu Intel

Kompas.com - 11/03/2013, 15:52 WIB

INTEL Presiden dan CEO Intel Paul Otellini membawa prototipe smartphone yang menggunakan prosesor Intel Atom dan sistem operasi Android dalam Intel Developer Forum 2011 di San Francisco, Selasa (12/9/2011).

 

KOMPAS.com - Calon pengganti Paul Otellini, orang nomor satu di Intel, hingga saat ini masih belum ditentukan. Padahal, Otellini sudah akan masuk ke masa pensiun pada bulan Mei 2013 mendatang.

Dengan semakin sempitnya waktu, Intel terlihat masih belum mau terburu-buru dalam menentukan pemimpin baru. Dikutip dari situs QZ, Senin (11/3/2013), kemungkinan Intel baru akan memilih pengganti Otellini pada rapat tahunan pemegang saham pada 16 Mei 2013.

Mendekati tanggal tersebut, rumor-rumor mengenai siapa yang akan menggantikan Otellini pun mulai bermunculan. Menurut seorang sumber yang dinilai familiar dengan masalah ini, kebanyakan orang masuk ke kandidat pimpinan Intel baru berasal dari luar perusahaan Intel.

Beberapa nama yang dipertimbangkan adalah Sanjay Jha, mantan CEO Motorola, dan Patrick Gelsinger, CEO VMware yang sebelumnya pernah menjabat eksekutif Intel. Sumber tersebut menambahkan, proses pemilihan ini baru di tahap awal sehingga terlalu dini untuk memprediksi siapa yang akan menduduki jabatan tersebut.

Pemilihan pemimpin dari luar perusahaan dinilai dapat membantu Intel dalam beberapa hal. Jha, misalnya. Orang yang telah meninggalkan Motorola sejak dibeli Google pada 2012 lalu ini, menghabiskan 14 tahun di Qualcomm, sebelum bergabung ke Motorola pada 2004. Pengalamannya tersebut tentunya dapat membantu Intel untuk bermain di pasaran chip mobile, sebuah pasaran berskala besar yang masih belum terlalu menghasilkan keuntungan bagi Intel.

Sedangkan Gelsinger selama ini bekerja di VMware, perusahaan yang terkenal di bidang cloud computing. Terus bertumbuhnya pasaran mobile dan tablet membuat banyak perusahaan yang berpikir untuk berinvestasi di perangkat server cloud, sebuah "area" yang sangat dikuasai oleh Gelsinger.

Dari internal perusahaan Intel sendiri, ada tiga nama yang menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Otellini, yaitu
- Renee James, orang yang bertanggung jawab terhadap masalah software di Intel;
- Brian Krzanich, veteran Intel yang saat ini memiliki jabatan sebagai Chief Operating Officer;
- Stacy Smith, Chief Financial Officer dan Director of Corporate Strategy.

Siapakah yang akan ditunjuk oleh Intel nantinya? Mari kita tunggu saja perkembangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com