Kompas.com - 11/03/2013, 18:07 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat masih enggan menjelaskan soal nasib rencana perusahaan manufaktur Foxconn Technology Group untuk berinvestasi di Indonesia. Namun, ia optimistis rencana investasi tersebut akan berjalan tahun ini.

"Saya terikat komitmen untuk tidak menyiarkan apa-apa sampai mereka sendiri nanti siap bersama Indonesia membuat pernyataan bersama dan saya pastikan tahun ini," kata Hidayat selepas membuka "International Furniture and Craft Fair Indonesia 2013" di Pekan Raya Jakarta, Senin (11/3/2013).

Sebelumnya, Foxconn memang menunda rencana investasinya di Indonesia. Ada tiga hal yang menyebabkan penundaan rencana investasi tersebut yaitu masalah pajak, belum tercapainya kesepakatan dengan partner, dan soal lahan.

Hidayat mengatakan, pabrikan besar di China yang memproduksi sejumlah perangkat teknologi populer seperti iPhone dan iPad dari Apple ini sebenarnya menginginkan ada fasilitas khusus seperti pajak bea masuk dan beberapa aturan yang belum bisa disepakati antara kedua belah pihak.

"Untuk sementara, aturan ini tidak bisa kita ubah, ada policy yang belum bisa mereka sepakati," tambahnya.

Kedua, relasinya dengan partner lokal, tampaknya Foxconn belum sepakat dengan partner lokal untuk bisa kerjasama. Ketiga, soal masalah lahan yang belum ada kesepakatan. "Komitmennya mereka hanya menunda tiga hingga enam bulan ke depan (sejak Desember 2012)," katanya.

Solusinya, pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait terutama Ditjen Pajak dan Kementerian lainnya untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Hidayat juga menjelaskan bahwa Foxconn tidak akan langsung investasi 10 miliar dollar AS sekaligus, tapi secara bertahap 2-3 miliar dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.