Kompas.com - 12/03/2013, 16:46 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Rovio Angry Birds

JAKARTA, KOMPAS.com - Rovio siap merilis serial kartun Angry Birds Toons pada 16 dan 17 Maret 2013. Pecinta game burung pemarah di Indonesia bisa menyaksikan serial kartun ini di salah satu televisi nasional.

Pada 16 Maret, Angry Birds Toons akan mendarat di ANTV. Stasiun televisi tersebut menjadi mitra Rovio di Indonesia. Secara keseluruhan ada 52 episode Angry Birds Toons yang akan tayang sekali dalam sepekan.

Selain di Indonesia, Angry Birds Toons juga tayang di jaringan televisi Australia, India, Korea Selatan, Finlandia, Israel, Ukraina, Perancis, Jerman, Norwegia, Chili, dan Brasil.

Rovio juga menyalurkan Angry Birds Toons lewat aplikasi game di ponsel pintar dan tablet yang selama ini sudah digunakan sekitar 1,7 miliar pengguna di seluruh dunia. Perusahaan asal Finlandia ini pandai memanfaatkan basis penggunanya yang besar.

Rovio akan menyediakan update aplikasi game, yang sudah ditambah kanal video khusus untuk menonton serial kartun. "Kami bisa menjangkau penonton global yang lebih luas, dengan cara yang lebih menarik dibandingkan cara-cara distribusi tradisional," kata CEO Rovio Mikael Hed dalam siaran pers, Senin (11/3/2013).

Sejarah Rovio

Dari perusahaan game, Rovio bertransformasi menjadi perusahaan hiburan. Sejak Angry Birds menjadi candu bagi pengguna Android dan iOS, mereka memperluas sayap bisnis dengan menjual boneka, kaus, dan cenderamata Angry Birds yang berada di bawah lisensi.

Rovio bermula dari sebuah perusahaan rintisan (startup) pembuat game bernama Relude yang didirikan tahun 2003 oleh tiga mahasiswa yang kuliah di Helsinki University of Technology, Finlandia, yakni Mikael Hed, Jarno Väkeväinen, dan Kim Dikert.

Mereka juara dalam kompetisi pembuatan game yang disponsori Nokia dan HP. Game itu berjudul King of the Cabbage World.

Tahun 2005, Relude ganti nama jadi Rovio Mobile dan membangun kantor di Espoo, Finlandia. Untuk kali pertama, mereka menerima investasi dari investor perorangan. Rovio Mobile merilis permainan Angry Birds untuk iOS.

Game ini kemudian dibuat untuk sistem operasi Android. Tak butuh waktu lama bagi Angry Birds untuk menjadi salah satu game paling disukai dan paling dikenal. Jumlah unduhannya mencapai 1 miliar kali di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

Mulai Maret 2011, Rovio Mobile mendapat banyak investasi, baik dari perusahaan investasi maupun investor perorangan. Pada Juli 2011, perusahaan ini ganti nama lagi menjadi Rovio Entertainment Ltd. Mereka memperluas sekuel permainan Angry Birds dan sudah berani melakukan akuisisi sebuah perusahaan game bernama Futuremarks Games Studio.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.