Kompas.com - 13/03/2013, 07:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Ilustrasi: Sistem operasi Android dan iOS

KOMPAS.com - Pengiriman komputer tablet Android untuk pertama kalinya diprediksi akan menyalip Apple iPad di tahun 2013, menurut lembaga riset IDC. Hal ini didorong oleh tingginya permintaan terhadap tablet berukuran kecil.

IDC memproyeksi, pengiriman tablet Android tahun 2013 akan menguasai pasar sekitar 49 persen dari 42 persen pada tahun 2012. Sementara pengiriman iPad diprediksi turun menjadi 46 persen dari 51 persen pada 2012.

Secara keseluruhan, menurut IDC, pengiriman tablet di 2013 mencapai 190.900.000 unit ke seluruh dunia. Tahun 2012, pengiriman tablet secara global mencapai angka 128,3 juta unit dari 72 juta unit pada 2011.

Tablet Asus Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire yang berukuran 7 inci, meraih sukses di tahun lalu. Apple tak mau ketinggalan, mereka membuat iPad Mini yang berukuran 7,9 inci pada November 2012.

"Satu dari setiap dua tablet yang dikirimkan pada kuartal satu 2013, merupakan tablet berukuran di bawah 8 inci. Kami berharap tablet berukuran kecil akan terus tumbuh di tahun 2013 dan seterusnya," tulis IDC dalam siaran pers, Selasa (12/3/2013).

Adopsi sistem operasi Android dalam perangkat tablet semakin bertambah. Produsen komputer besar sekelas Hewlett-Parckard (HP), akhinya memproduksi tablet Android pertamanya yang diberi nama Slate 7.

Keputusan HP memakai Android merupakan sebuah kemenangan bagi Google, mengingat HP punya sistem operasi mobile sendiri, WebOS, yang tak mendapat sambutan baik di pasar global. Sementara itu, HP tak bisa bergantung pada Windows 8 jika ingin memperkuat unit bisnis perangkat mobile.

IDC mengatakan, tablet yang berjalan dengan Windows 8 akan mengalami pertumbuhan dari 1 persen pada 2012 menjadi 7,4 persen pada 2017.

Sementara untuk tablet Windows RT, yang tidak bisa menjalankan perangkat lunak untuk Windows 7, pangsa pasarnya akan tetap di bawah 3 persen hingga 2017. IDC memandang Microsoft dan para mitra akan lebih fokus pada Windows 8.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.