Kacamata Pintar Google Jalankan Gmail dan Path

Kompas.com - 13/03/2013, 08:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Google memamerkan kemampuan terbaru kacamata pintarnya yang bisa menjalankan aplikasi Gmail. Kacamata pintar juga bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga kategori portal berita, jejaring sosial dan produktivitas.

Senior Developer Advocat Google, Timothy Jordan mengatakan, keberadaan Gmail memungkinkan pengguna membalas email penting langsung dari kacamata pintar. Kacamata yang disebut Google Glass ini dapat memperlihatkan kolom subjek, isi pesan, hingga gambar. Ia mampu diperintah dengan suara.

"Anda dapat memiliki akses ke teknologi yang Anda sukai, tapi mungkin tidak sekarang," kata Jordan dalam konferensi SXSW di Austin, Amerika Serikat, Senin (11/3/2013).

Ia pun menunjukan kemampuan kacamata pintar dalam membuka aplikasi portal berita The New York Times. Aplikasi ini bisa diperintah dengan gerakan kepala untuk membaca berita hingga menampilkan foto.

Kacamata juga mendukung aplikasi Evernote yang notabene digunakan untuk mencatat segala hal. Terakhir, Jordan membuka aplikasi jejaring sosial Path dari kacamata.

Jika seorang teman berbagi foto di Path, kacamata bisa memberi notifikasi. Ia memberi contoh bagaimana kacamata bisa digunakan untuk meninggalkan komentar di Path dan memilih emoticon dengan navigasi touchpad di bingkai sebelah kanan kacamata.

Google Glass diperkenalkan di acara konferensi pengembang aplikasi Google I/O pada Juni 2012. Google sering pamer kemampuan untuk membuktikan bahwa Google Glass adalah nyata, bukan sekedar konsep.

Google sudah pamer puluhan foto dan beberapa video singkat yang diambil dengan Google Glass. Produk ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Dari aksi pamer yang dilakukan Google, navigasi dalam kacamata bisa diperintah dengan suara, gerakan kepala, dan touchpad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.