Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kacamata Pintar Google Jalankan Gmail dan Path

Kompas.com - 13/03/2013, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Google memamerkan kemampuan terbaru kacamata pintarnya yang bisa menjalankan aplikasi Gmail. Kacamata pintar juga bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga kategori portal berita, jejaring sosial dan produktivitas.

Senior Developer Advocat Google, Timothy Jordan mengatakan, keberadaan Gmail memungkinkan pengguna membalas email penting langsung dari kacamata pintar. Kacamata yang disebut Google Glass ini dapat memperlihatkan kolom subjek, isi pesan, hingga gambar. Ia mampu diperintah dengan suara.

"Anda dapat memiliki akses ke teknologi yang Anda sukai, tapi mungkin tidak sekarang," kata Jordan dalam konferensi SXSW di Austin, Amerika Serikat, Senin (11/3/2013).

Ia pun menunjukan kemampuan kacamata pintar dalam membuka aplikasi portal berita The New York Times. Aplikasi ini bisa diperintah dengan gerakan kepala untuk membaca berita hingga menampilkan foto.

Kacamata juga mendukung aplikasi Evernote yang notabene digunakan untuk mencatat segala hal. Terakhir, Jordan membuka aplikasi jejaring sosial Path dari kacamata.

Jika seorang teman berbagi foto di Path, kacamata bisa memberi notifikasi. Ia memberi contoh bagaimana kacamata bisa digunakan untuk meninggalkan komentar di Path dan memilih emoticon dengan navigasi touchpad di bingkai sebelah kanan kacamata.

Google Glass diperkenalkan di acara konferensi pengembang aplikasi Google I/O pada Juni 2012. Google sering pamer kemampuan untuk membuktikan bahwa Google Glass adalah nyata, bukan sekedar konsep.

Google sudah pamer puluhan foto dan beberapa video singkat yang diambil dengan Google Glass. Produk ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Dari aksi pamer yang dilakukan Google, navigasi dalam kacamata bisa diperintah dengan suara, gerakan kepala, dan touchpad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com