Kompas.com - 13/03/2013, 10:16 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS/ANASTASIA JOICE Gedung kantor JP Morgan, New York

 

KOMPAS.com - Situs salah satu bank terbesar di Amerika Serikat, JP Morgan Chase, sempat down. Pihak pengelola terpaksa mematikan layanan situs tersebut karena mereka berusaha untuk menghalau serangan distributed denial of service (DDos).

Dikutip dari CNET, Rabu (13/3/2013), halaman situs JP Morgan Chase sempat diganti dengan sebuah pesan yang menyatakan, "Situs kami untuk sementara down, tetapi cabang dan aplikasi mobile kami tetap tersedia. Tolong coba lagi nanti".

CNET

Saat disambangi KompasTekno, situs tersebut tampaknya sudah kembali beroperasi secara normal.

Kasus serangan cyber ke institusi keuangan di AS sudah sering terjadi dalam beberapa bulan belakangan ini. Tercatat, bank-bank besar AS, seperti Wells Fargo, Bank of America, Chase, Citigroup, dan HSBC, sudah terkena serangan DDos.

Hingga saat ini, masih belum diketahui siapa pelaku di balik serangan DDos ini. Namun, pihak pemerintah AS dan peneliti keamanan menduga, Iran merupakan pihak yang bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Tidak hanya institusi keuangan, banyak perusahaan teknologi raksasa di AS, seperti Facebook, Twitter, Apple, Microsoft, dan Evernote, telah menjadi korban serangan cyber.

Bedanya, penjahat cyber ini menyerang dengan memanfaatkan injeksi malware. Melalui malware ini, penjahat tersebut dapat menyusup ke server dan mengambil data dari korbannya.

Untungnya, sistem keamanan perusahaan-perusahaan tersebut dapat menghalau malware ini sehingga tidak ada data pengguna yang berhasil dicuri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.