Kompas.com - 13/03/2013, 11:02 WIB
EditorReza Wahyudi

pocket-lint.com Smartphone Android bernama iPhone dari IGB Electronica


KOMPAS.com — Februari lalu, regulator hak cipta dan hak paten Brasil (INPI) memutuskan bahwa Apple tak boleh menggunakan merek dagang iPhone di Negeri Samba tersebut. Sebabnya, nama "iPhone" sudah dimiliki oleh perusahaan IGB Electronica sejak 2008.

IGB pun melancarkan tuntutan hukum atas Apple. Menurut pihak IGB, nama "iPhone" telah didaftarkan tahun 2000 atau tujuh tahun sebelum debut iPhone pertama dari Apple.

Belakangan, seperti dikutip oleh dari Forbes, muncul kabar bahwa kedua perusahaan hampir mencapai kesepakatan untuk mengakhiri sengketa terkait nama iPhone. Untuk sementara waktu, tuntutan hukum akan dihentikan.

Disebutkan juga bahwa ada kemungkinan Apple akan bisa memakai merek dagang iPhone di Brasil setelah membayar sejumlah uang yang tak disebutkan jumlahnya ke IGB untuk mendapat hak eksklusif untuk memakai atau membeli trademark tersebut.

IGB sendiri pada tahun 2012 telah merilis smartphone bernama "iPhone". Berbeda dengan perangkat bernama sama dari Apple, ponsel pintar bikinan IGB menggunakan sistem operasi Android.

Apabila kata sepakat gagal diraih kedua belah pihak dalam hal ini, tuntutan hukum IGB atas Apple kemungkinan bakal "diaktifkan kembali".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.