Kompas.com - 13/03/2013, 11:33 WIB
EditorReza Wahyudi

arstechnica.com


KOMPAS.com - Awal tahun 2005, "iPhone" adalah sebuah layar sentuh besar berukuran 5x7 inci (12,7 x 17,7 cm) yang dijejali berbagai macam konektor seperti ethernet, USB, bahkan port serial. Bentuknya pun lebih mirip komputer dibandingkan sebuah telepon genggam.

Itulah prototipe awal smartphone bikinan Apple yang meluncur ke pasaran pada 2007. Purwarupa antik tersebut diperkenalkan ke Ars Technica oleh seorang mantan pegawai Apple.

Aneka macam konektor komputer yang bisa ditemukan di alat itu, menurut sang mantan pegawai, hanya ditanamkan di sana agar mempermudah proses pengumpulan data untuk keperluan pengujian.

arstechnica.com

"Ketika itu tak ada seorang pun yang tahu seperti apa bentuk akhir smartphone ini nantinya," ujar sumber anonim yang terlibat dalam berbagai macam proyek hardware Apple sejak awal 2000 ini, sebagaimana dikutip dari Ars. Proses pengembangan produk Apple memang kerap berubah-ubah.

Prototipe tersebut menggunakan prosesor berbasis ARM Samsung S3C2410 berkecepatan 200-233 MHz, sepupu jauh dari prosesor yang tertanam di iPhone generasi pertama.

arstechnica.com

Adapun iPhone generasi pertama menggunakan prosesor 612 MHz yang dikurangi kecepatannya menjadi 412 MHz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple sudah menggunakan komponen buatan Samsung sejak dulu, bahkan selagi iPhone masih belum berwujud telepon genggam. Selain itu, purwarupa tersebut juga menunjukkan bahwa Apple sudah tahu persis ke mana hendak mengarahkan pengembangan iPhone, dua tahun sebelum peluncuran resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.