Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan, Telkomsel Jual 3.000 BlackBerry Z10

Kompas.com - 14/03/2013, 08:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak membuka pemesanan awal (pre-order) BlackBerry Z10 pada 5 Maret 2013, Telkomsel berhasil menjual 3.000 unit BlackBerry Z10 dalam waktu sepekan.

Hasil penjualan ini di luar perkiraan operator seluler terbesar di Indonesia itu. Mulanya Telkomsel menyediakan 5.000 unit BlackBerry Z10 untuk stok selama sebulan, dengan menggandeng peritel Erafone. Namun ternyata, produk itu diminati banyak pihak.

Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan, sebanyak 2.600 unit yang terjual telah dibayar penuh oleh pelanggan. Telkomsel membundel BlackBerry Z10 dengan layanan seluler dan data, baik prabayar maupun pascabayar.

Pada Rabu malam (13/3/2013) di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta, Telkomsel menyerahkan 500 unit BlackBerry Z10 kepada pelanggan terpilih yang diberi kesempatan menjadi pemilik ponsel andalan BlackBerry itu.

BlackBerry Z10 di pasar Indonesia dijual dengan harga normal Rp 6.999.000. Ia menjadi produk pertama yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10.

Ponsel berbasis BlackBerry 10 tak lagi membutuhkan layanan data khusus BlackBerry Internet Service (BIS). Ketiadaan BIS di BlackBerry 10 akan membuat konsumsi data meningkat, setara dengan ponsel Android dan iOS.

Dahulu, Arief menjelaskan, satu ponsel BlackBerry lama hanya mengkonsumsi data sekitar 200MB per bulan karena masih menggunakan BIS yang mengkompresi penggunaan data. Di BlackBerry 10, konsumsi data diprediksi naik sekitar 500MB sampai 600MB per bulan.

Selama ini, penggunaan data di BlackBerry memberi kontribusi 40 persen dari total pendapatan data Telkomsel. Anak perusahaan Telkom ini memiliki basis pengguna BlackBerry yang besar. Dari 54,6 juta pelanggan data Telkomsel, sekitar 5,8 juta adalah pengguna BlackBerry.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com