Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Q10 Tidak Lebih Murah dari Z10

Kompas.com - 14/03/2013, 10:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah BlackBerry Z10 masuk pasar Indonesia, banyak pihak menanti kedatangan BlackBerry Q10, sebuah ponsel dengan papan ketik fisik yang memakai sistem operasi BlackBerry 10.

Ponsel ini cocok dengan selera pasar Indonesia yang lebih menyukai BlackBerry dengan papan ketik fisik format QWERTY. Namun, konsumen nampaknya harus membayar mahal jika ingin memiliki Q10.

PR Manager BlackBerry Indonesia, Yolanda Nainggolan mengatakan, kisaran harga Q10 akan setara dengan Z10 karena ponsel tersebut menyasar segmen pasar menengah ke atas. Sebagai informasi, di Indonesia, BlackBerry Z10 dibanderol sebesar Rp 6.999.000.

"Kami belum mengetahui harga pastinya, apakah Q10 akan lebih mahal atau lebih murah dari Z10. Tapi yang jelas, ini ponsel premium setara Z10," kata Yolanda di acara penyerahan BlackBerry Z10 kepada pelanggan Telkomsel di Senayan City Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Ia juga belum bisa memastikan kapan Q10 akan dirilis secara global. Namun, dari kabar yang beredar di kalangan operator seluler, Q10 akan masuk pasar Indonesia sekitar Mei atau Juni 2013.

Pihak BlackBerry sengaja memamerkan Q10 dalam acara peluncuran sistem operasi BlackBerry 10 di New York, 31 Januari lalu. Menurut Yolanda, ini merupakan usaha BlackBerry untuk membuktikan bahwa perusahaan masih akan memproduksi ponsel dengan papan ketik fisik.

"BlackBerry ingin menunjukan bahwa keypad QWERTY masih ada. Walapun produk BlackBerry 10 yang pertama dirilis adalah full touch screen," ujarnya.

Spesifikasi BlackBerry Q10

Q10 memiliki layar seluas 3,1 inci jenis layar Super AMOLED beresolusi 720 x 720 pixel. Meski disertai papan ketik fisik, layar BlackBerry Q10 mendukung navigasi layar sentuh. Namun, ia tak lagi dibekali trackpad.

Soal desain, BlackBerry 10 punya ketebalan 10,3mm dan bobot 139gram. Panel belakangnya terbuat dari materi sejenis kaca yang disebut glass weave material.

Komponen BlackBerry Q10 diperkuat dengan prosesor TI OMAP 4470 Cortex-A9 1,5GHz dual-core yang didukung dengan RAM 2GB.

BlackBerry belum merilis spesifikasi lengkap BlackBerry 10, termasuk jumlah sensor pada kamera depan dan belakang. Yang jelas, ia mendukung jaringan nirkabel 3G, Bluetooth, NFC, dan memiliki slot MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan data.

Berita, fitur, review, dan informasi lain seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khusus KompasTekno dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com