Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
SEMENANJUNG KOREA

Kim Jong Un Awasi Latihan Artileri

Kompas.com - 14/03/2013, 14:32 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengawasi pasukan artileri negerinya yang berlatih menggunakan peluru tajam di dekat perbatasan laut dengan Korea Selatan, Kamis (14/3/2013).

Perbatasan kedua negara di Laut Kuning menjadi saksi bentrok berdarah kedua Korea di masa lalu. Di saat suhu politik di Semenanjung Korea kian memanas, tampaknya Laut Kuning berpeluang besar menjadi lokasi konfrontasi baru.

Kantor berita Korea Utara (KCNA) tidak menjelaskan kapan Kim Jong Un mengawasi jalannya latihan ini. Pekan lalu Kim Jong Un juga memeriksa unit artileri yang sama. Saat itu, kunjungan Kim diliput stasiun televisi negara dan KCNA.

"Dalam latihan ini, peluru ditembakkan secara intensif ke target musuh imajiner, sementara suara dentuman persenjataan artileri menggetarkan bumi dan langit," demikian KCNA.

"Perang modern adalah perang artileri," kata Kim Jong Un dikutip KCNA.

Korea Utara mengancam akan memicu Perang Korea II sebagai respons terhadap sanksi baru PBB terkait uji coba nuklir ketiganya pada Februari dan respons atas latihan militer bersama AS-Korea Selatan.

Sejauh ini, perbatasan darat kedua negara masih dalam kondisi tenang. Meski demikian, Pemerintah Korea Selatan memerintahkan agar pasukannya di garis depan tetap mewaspadai kemungkinan agresi pasukan Korea Utara.

Perintah itu disampaikan PM Korea Selatan Chung Hong-win saat mengunjungi salah satu pulau garis depan di dekat perbatasan yang disengketakan.

"Sebagai pelindung nyawa dan harta benda rakyat, saya meminta kalian tetap siaga untuk merespons setiap provokasi Korea Utara," kata PM Chung seperti dikutip kantor berita Korea Selatan, Yonhap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com