Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesama 5 Inci, Xperia ZL Lebih Murah dari Xperia Z

Kompas.com - 14/03/2013, 19:08 WIB

Xperia Z lebih panjang dibandingkan Xperia ZL

JAKARTA, KOMPAS.com - Sony secara resmi meluncurkan produk smartphone quad-core perdananya, Xperia Z, di pasaran Indonesia, pada Kamis (14/3/2013).

Bersamaan dengan peluncuran tersebut, Sony juga mengumumkan kehadiran dari "kembaran" perangkat tersebut, Xperia ZL, di Indonesia. Mulai hari ini, Xperia ZL juga sudah mulai dijual di pasaran Indonesia.

Dari segi harga, Xperia ZL sedikit lebih murah dari Xperia Z. Apabila Xperia Z dibanderol dengan harga Rp 7.499.000, maka calon konsumen dapat menebus Xperia ZL dengan uang sebesar Rp 6.699.000.

Xperia Z dan Xperia ZL memiliki kesamaan dari sisi spesifikasi komponen perangkat keras. Keduanya sama-sama memakai prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon S4 Pro kecepatan 1,5 GHz, RAM 2 GB, dan unit pemrosesan grafis Adreno 320.

Layarnya juga sama-sama berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD 1.920 x 1.080 piksel. Layar itu memiliki kerapatan piksel 441 piksel per inci (ppi) dan menggunakan Mobile Bravia Engine 2, yang biasanya disematkan pada televisi layar datar Sony seri Bravia.

Perbedaan di antara keduanya terlihat dari segi fisik. Xperia Z terlihat lebih panjang dan lebih lebar. Ia juga lebih tipis dibandingkan Xperia ZL.

Pebedaan di antara keduanya juga ada pada materi yang digunakan. Bagian belakang Xperia Z diselimuti oleh kaca yang membuatnya terlihat elegan, sedangkan Xperia ZL diselimuti materi plastik agak cembung.

Ada beberapa kelebihan Xperia ZL yang tidak dimiliki kembarannya. Pertama, fitur infra merah/IrDA yang dapat mengubah fungsi Xperia ZL sebagai remote untuk mengontrol televisi, DVD player, dan perangkat elektronik lain yang mendukung infra merah.

Selain itu, kapasitas baterai Xperia ZL dibuat lebih besar, yakni 2.370 mAH; dibandingkan Xperia Z yang berkapasitas 2.330 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com