Terungkap, Data Penjualan Tablet Surface

Kompas.com - 16/03/2013, 15:12 WIB
EditorReza Wahyudi

Microsoft Tablet Microsoft Surface dengan cover ber-keyboard.

 

KOMPAS.com - Sejak diluncurkan pada akhir tahun 2012 lalu, Microsoft belum memberikan angka pasti mengenai hasil penjualan perangkat tablet Surface. Banyak yang menduga, Microsoft enggan mengumumkan hal tersebut karena kurang lakunya produk tablet ini di pasaran.

Kira-kira, berapa perangkat tablet Surface yang telah terjual hingga saat ini?

Untuk menjawabnya, situs Phone Arena mencoba mengoreknya dengan menanyakannya kepada tiga orang yang dekat dengan informasi ini. Ketiga orang ini tidak mau disebut namanya karena Microsoft belum secara resmi membeberkan hasil penjualan Surface.

Menurut tiga orang tersebut, secara total, jumlah tablet Surface yang terjual di pasaran telah mencapai angka 1,4 juta unit.

Secara detail, sudah ada 1 juta perangkat Surface versi RT yang laku terjual di seluruh dunia. Surface RT merupakan perangkat tablet yang dilengkapi dengan chip berbasiskan ARM.

Produk yang satu ini bersaing dengan beberapa perangkat tablet lain yang sudah ada di pasaran, seperti Apple iPad dan Android.

Untuk produk Surface Pro sendiri, ketiga orang tersebut menyatakan, sudah ada sekitar 400.000 unit yang telah laku di pasaran. Surface Pro merupakan tablet dengan "jeroan" yang sama dengan notebook pada umumnya. Produk tersebut dilengkapi dengan prosesor berbasis x86 dari Intel.

Surface merupakan tablet buatan Microsoft, yang mendapat kritik dari mitra pembuat perangkat keras. Microsoft yang selama dikenal sebagai perusahaan penyedia perangkat lunak (software), telah bergerak ke bisnis perangkat keras (hardware). Ini berarti, Microsoft Surface akan bersaing dengan para produsen komputer lain.

Perusahaan asal Taiwan, Acer, adalah perusahaan yang paling keras mengkritik langkah Microsoft membuat Surface.

Sayang, Microsoft tidak berencana menjual Surface di Indonesia. Tablet Windows 8/Windows RT yang beredar di Indonesia adalah produk dari para mitra Microsoft seperti Samsung, Sony, Dell, HP, dan sebagainya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.