Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benchmark Galaxy S4 Libas Nexus 4

Kompas.com - 18/03/2013, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

blog.laptopmag.com


KOMPAS.com - Galaxy S4 dari Samsung dibekali dengan sederet komponen canggih. Sebut saja prosesor Snapdragon 600 (versi Amerika Serikat) atau Exynos 5 Octa, RAM 2GB, dan display 5 inci full-HD.

Nah, dengan segala macam hardware tersebut, apakah ponsel pintar termutakhir dari produsen Korea ini mampu berjalan lebih kencang dibandingkan para pendahulunya?

Blog Laptopmag cukup beruntung menjumpai sampel Samsung Galaxy S4 versi Amerika Serikat sehingga bisa mengukur kinerja ponsel itu melalui aplikasi benchmark Antutu.

blog.laptopmag.com

Benchmark Antutu terdiri dari serangkaian tes komprehensif yang mencakup pengujian memori, CPU, serta grafis 2D dan 3D. Tiap kategori dinilai lalu dimasukkan dalam kalkulasi nilai keseluruhan.

Hasilnya? Smartphone berbasis prosesor Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz ini mencetak nilai keseluruhan sebesar 21.089.

Angka itu lebih tinggi dibandingkan hasil benchmark Galaxy S III sebesar 16.301. Sebagai informasi, Galaxy S III versi Amerika Serikat menggunakan prosesor Qualcomm dual-core 1,5 GHz.

blog.laptopmag.com

Galaxy S4 juga melewati Galaxy Note yang mencatat nilai keseluruhan sebesar 17,531 di benchmark Antutu.

Dengan skor 18.096, Google Nexus 4 yang dibekali prosesor quad-core 1,5 GHz juga berada di bawah flagship baru dari Samsung ini.

Di samping melakukan benchmark dengan Antutu, dilakukan pula pengujian level Brightness dari layar AMOLED 5 inci (1920x1080) milik Galaxy S4.

Ditemukan bahwa display Galaxy S4 relatif redup dengan tingkat kecerahan hanya 213 lux, dibandingkan 256 lux pada Galaxy S III. Galaxy Note II dan Nexus 4 masing-masing mencatat 240 lux dan 399 lux.

Baca juga:
Ini Dia 10 Aplikasi "Benchmark" Ponsel Android

Berita-berita lain terkait Samsung Galaxy S4 dapat diikuti di liputan khusus "Peluncuran Galaxy S4" dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com