Kompas.com - 18/03/2013, 19:43 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Analis bernama Ming-Chi Kuo dari CGI Securities minggu lalu mengungkapkan pada Apple Insider bahwa iPhone versi murah akan mengusung ukuran layar 4 inci, bukan 4,5 inci seperti yang dirumorkan sebelumnya.

Kuo memiliki rekam jejak memprediksi produk-produk masa depan Apple dengan cukup akurat.

Menurut Kuo, spesifikasi untuk iPhone versi murah sudah ditetapkan Apple sejak 2011 dan perusahaan itu kemungkinan besar tak akan melakukan perubahan untuk mengikuti pergeseran tren layar ke arah ukuran 5 inci.

Kuo juga mengatakan bahwa iPhone model baru ini akan dibuat dengan material plastik "super tipis"  bercampur fiberglass. Material tersebut diklaim akan membuatnya lebih tipis, lebih kuat, dan lebih ringan dibandingkan casing plastik pada smartphone lainnya.

Ketebalan casing iPhone murah diperkirakan antara 0,4 hingga 0,6mm, lebih tipis dibandingkan rata-rata casing plastik yang biasanya berukuran 0,7 hingga 1 mm.

Pilihan warna iPhone murah, lanjut Kuo, akan tersedia dalam empat hingga enam opsi, termasuk hitam dan putih yang menjadi skema warna iPhone saat ini.

Apple dikabarkan telah meneken kontrak dengan Foxconn dan Green Point dari grup Jabil untuk membuat casing plastik iPhone murah. Hon Hai (Foxconn) akan membuat casing dan merakit iPhone, sementara Jabul akan menyalurkan casing ke Pegatron yang akan merakit keseluruhan smartphone tersebut.

Di samping iPhone versi murah, Kuo juga memprediksi bahwa Apple akan merilis smartphone premium "iPhone 5S" tahun 2013 ini. Sebelumnya, dia mengatakan bahwa ponsel andalan baru Apple itu akan dilengkapi fitur sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol home untuk keperluan sekuriti. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.