Game "Calon Penyihir" Perlu Dana 120.000 Dollar

Kompas.com - 19/03/2013, 12:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Mage's Initiation adalah proyek game dari Himalaya Studio yang saat ini menanti dukungan di situs crowdfunding, Kickstarter. Karya yang mereka hasilkan berupa genre petualangan point and click yang sempat berjaya pada tahun 1990-an seperti game besutan Sierra On-Line.

Mage's Initiation mengisahkan tokoh protagonis bernama D'Arc, seorang calon penyihir berusia 16 tahun yang tinggal di daerah bernama Iginor. D'Arc tengah menapaki inisiasi untuk menjadi penyihir tulen dan dia harus melakoni serangkaian petualangan demi membuktikan dirinya.

Seperti disebutkan, game Mage's Initiation sangat dipengaruhi oleh game petualangan besutan Sierra On-Line, seperti King's Quest maupun Quest for Glory, begitu pula game buatan LucasArts. Tampilan dua dimensi dengan ilustrasi tangan bakal memenuhi layar dengan resolusi yang sengaja dibuat tidak terlalu detail.

Bila penasaran, Himalaya Studio bahkan menyediakan demo untuk dimainkan, sekadar untuk mencicipi bagaimana game ini nantinya bila rampung. File berukuran 33 megabyte yang bisa diunduh di tautan ini hanya mengisahkan secuil dari awal kisah Mage's Initiation.

Ada pula beberapa pembatasan seperti D'Arc yang hanya menguasai sihir api sementara pada game penuhnya bisa memilih untuk menguasai empat unsur seperti air, api, tanah, dan angin. Dalam demo ini, D'Arc hanya bertemu satu tokoh yang bisa diajak berbicara yakni Varner, pengajar sihir dari unsur api.

Dari demo tersebut, game ini cukup menjanjikan. Ilustrasi tangan yang dipakai benar-benar memanjakan gamer yang ingin bernostalgia dengan game King's Quest, mulai dengan teka-teki yang harus dipecahkan hingga tampilan antarmuka dengan perintah bicara, amati, sentuh, maupun mencoba-coba kombinasi benda yang kita miliki dengan harapan bisa menimbulkan sesuatu.

Perasaan tersebut bisa ditangkap cukup baik oleh Himalaya Studio. Mereka sebelumnya memang pernah mengerjakan remake dari game King's Quest.

Tidak hanya petualangan, pengembang juga memasukkan unsur role playing game dari seri Quest for Glory dalam Mage's Initiation. Akan ada sesi pertempuran di dalam permainan dan ada pula pilihan untuk meningkatkan atribut mulai kekuatan, ketahanan, sihir, maupun intelegensia.

Saat bertempur, D'Arc melawan goblin yang berdatangan dari berbagai penjuru. Dia dalam demo itu dibekali tiga jenis sihir, proyektil untuk menghantam dari jarak jauh, serangan yang muncul dari dalam tanah, serta cincin api yang melindungi perapalnya dari kepungan musuh.

Terus berdatangan

Proposal Kickstarter dari Himalaya Studio adalah meminta dukungan 65.000 dollar AS sejak dibuka tanggal 19 Februari. Tinggal empat hari tersisa sebelum penggalangan dukungan ditutup, mereka sudah melampaui target dengan mengumpulkan dana 102.598 dollar AS pada Selasa (19/3).

Untuk terus mendorong dukungan berdatangan, Himalaya Studio membuat beberapa tingkatan. Bila terlampaui, fitur-fitur baru akan ditambahkan. Misalnya target 95.000 dollar AS bakal menghasilkan quest baru yang khusus untuk masing-masing unsur sehingga bakal ada empat petualangan berbeda tergantung pilihan kita.

Target 100.000 dollar AS bakal menghasilkan adegan tambahan yang dianimasikan secara dua dimensi. Target 120.000 dollar AS, game tersebut bakal diport ke sistem operasi lain seperti Linux, Mac, Android, dan iOS. Dan target 150.000 bakal membuat gim Mage's Initiation dibuat novelnya.

Target-target tersebut diperkirakan bakal terus mendorong pendukung untuk mengucurkan dana mereka. Meski demikian, kemungkinannya bisa jadi tipis untuk mencapai 120.000 dollar AS mengingat tinggal empat hari lagi waktu tersisa. (eld) 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X