Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Dukung Windows Phone 8 Cuma Sampai 2014

Kompas.com - 19/03/2013, 13:38 WIB

microsoft

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan jadwal siklus dukungan (lifecycle) sistem operasi ponsel pintar Windows Phone. Perusahaan software terbesar ini mengumumkan akan berhenti mendukung Windows Phone 7.8 pada 9 September 2014, sedangkan dukungan pada Windows Phone 8 berhenti pada 8 Juli 2014.

Meski demikian, Microsoft berkomitmen terus memberi pembaruan pada sistem operasi Windows Phone versi 7.8 dan 8, selama 18 bulan ke depan, termasuk pembaruan di sektor keamanan. Microsoft akan mendistribusikan pembaruan Windows Phone lewat pihak ketiga, yakni operator seluler dan produsen ponsel.

"Distribusi update dapat dikendalikan oleh operator seluler atau produsen ponsel, tempat Anda membeli ponsel. Ketersediaan update juga akan berbeda-beda berdasarkan negara, wilayah, dan kemampuan perangkat keras," tulis Microsoft dalam sebuah pengumuman.

Yang menjadi perhatian dari pengumuman siklus dukungan Windows Phone ini, sampai sekarang Microsoft belum mengumumkan sistem operasi berikutnya yang akan melanjutkan Windows Phone 8. Hal ini memunculkan spekulasi dari berbagi pihak.

Ada rumor yang menyebut Windows Phone selanjutnya akan mengalami perubahan besar pada akhir 2013. Ataukah Windows Phone 8 akan bernasib sama seperti Windows Phone 7.8, yang dibangun di atas kernel berbeda, sehinggan ponsel berbasis Windows Phone 7.8 tak dapat memperbarui sistem operasi Windows Phone 8?

Kita akan mengetahuinya setelah Microsoft mengumumkan secara resmi strategi berikutnya di kancah ponsel pintar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com