Kompas.com - 19/03/2013, 13:38 WIB
EditorReza Wahyudi

microsoft

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan jadwal siklus dukungan (lifecycle) sistem operasi ponsel pintar Windows Phone. Perusahaan software terbesar ini mengumumkan akan berhenti mendukung Windows Phone 7.8 pada 9 September 2014, sedangkan dukungan pada Windows Phone 8 berhenti pada 8 Juli 2014.

Meski demikian, Microsoft berkomitmen terus memberi pembaruan pada sistem operasi Windows Phone versi 7.8 dan 8, selama 18 bulan ke depan, termasuk pembaruan di sektor keamanan. Microsoft akan mendistribusikan pembaruan Windows Phone lewat pihak ketiga, yakni operator seluler dan produsen ponsel.

"Distribusi update dapat dikendalikan oleh operator seluler atau produsen ponsel, tempat Anda membeli ponsel. Ketersediaan update juga akan berbeda-beda berdasarkan negara, wilayah, dan kemampuan perangkat keras," tulis Microsoft dalam sebuah pengumuman.

Yang menjadi perhatian dari pengumuman siklus dukungan Windows Phone ini, sampai sekarang Microsoft belum mengumumkan sistem operasi berikutnya yang akan melanjutkan Windows Phone 8. Hal ini memunculkan spekulasi dari berbagi pihak.

Ada rumor yang menyebut Windows Phone selanjutnya akan mengalami perubahan besar pada akhir 2013. Ataukah Windows Phone 8 akan bernasib sama seperti Windows Phone 7.8, yang dibangun di atas kernel berbeda, sehinggan ponsel berbasis Windows Phone 7.8 tak dapat memperbarui sistem operasi Windows Phone 8?

Kita akan mengetahuinya setelah Microsoft mengumumkan secara resmi strategi berikutnya di kancah ponsel pintar. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.