Indonesia Digital Media Forum Diperkenalkan di Bandung

Kompas.com - 19/03/2013, 17:30 WIB
EditorReza Wahyudi

shutterstock Industri kreatif mampu memberikan kontribusinya terhadap PDB Indonesia senilai 104,6 triliun. Bahkan, menurut data Admob Mobile Metrics pada Februari 2010, Indonesia menempati urutan keempat, -- setelah AS, India, dan Inggris, berdasarkan permintaan advertising melalui mobile advertising.
BANDUNG, KOMPAS.com - Di sela-sela ajang Gamechanics di Bandung, Selasa (19/3/2013), diperkenalkan sebuah forum, khusus bagi para pelaku industri kreatif digital di Indonesia. Forum ini diberi nama Indonesia Digital Media Forum (IDMF).

Apa peran dari forum tersebut? Nantinya, IDMF akan berperan sebagai tempat kumpul para pelaku industri konten digital kreatif, seperti game, musik, dan film, di Indonesia.

Melalui forum ini, para pengguna dapat menuangkan dan mendiskusikan ide kreatif yang terkait dengan dunia digital media.

IDMF juga memiliki manfaat yang besar bagi para penanam modal (stakeholder). Forum ini dapat menjadi semacam marketplace dari berbagai ide kreatif. Apabila mereka tertarik dengan ide yang ada di forum ini, maka para penanam modal tinggal menghubungi si pembuat ide untuk mewujudkan ide tersebut.

Ide IDMF ini, salah satunya dicetuskan oleh Ary Setijadi Prihatmanto, Ketua Program Studi Magister Teknologi Media Digital dan Game ITB.

Menurut Ary, IDMF terinspirasi dari forum milik ITB, ITB Digital Media Forum (ITB DMF). Fungsinya tidaklah jauh berbeda di antara ke-dua forum ini. Bedanya, ITB DMF hanya menampung ide kreatif dari anak-anak ITB.

"Komunitas IDMF seharusnya lebih besar, tentu dampaknya akan lebih besar juga. Ini (IDMF) merupakan forum kita semua," ujar Ary.

Dalam acara Gamemechanic di Bandung, pada Selasa (19/3/2013), dibahas berbagai potensi maupun arah pengembangan industri game Indonesia untuk persiapan bertarung di tingkat internasional.

Terdapat juga acara seminar untuk memperkenalkan perspektif baru dalam mengimplementasikan game tidak sekadar untuk bersenang-senang, tapi juga untuk tujuan yang serius. Tujuannya, game bisa menjadi media penyampai pesan atau bahkan membuka peluang bisnis yang baru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X