Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Digital Media Forum Diperkenalkan di Bandung

Kompas.com - 19/03/2013, 17:30 WIB

shutterstock Industri kreatif mampu memberikan kontribusinya terhadap PDB Indonesia senilai 104,6 triliun. Bahkan, menurut data Admob Mobile Metrics pada Februari 2010, Indonesia menempati urutan keempat, -- setelah AS, India, dan Inggris, berdasarkan permintaan advertising melalui mobile advertising.
BANDUNG, KOMPAS.com - Di sela-sela ajang Gamechanics di Bandung, Selasa (19/3/2013), diperkenalkan sebuah forum, khusus bagi para pelaku industri kreatif digital di Indonesia. Forum ini diberi nama Indonesia Digital Media Forum (IDMF).

Apa peran dari forum tersebut? Nantinya, IDMF akan berperan sebagai tempat kumpul para pelaku industri konten digital kreatif, seperti game, musik, dan film, di Indonesia.

Melalui forum ini, para pengguna dapat menuangkan dan mendiskusikan ide kreatif yang terkait dengan dunia digital media.

IDMF juga memiliki manfaat yang besar bagi para penanam modal (stakeholder). Forum ini dapat menjadi semacam marketplace dari berbagai ide kreatif. Apabila mereka tertarik dengan ide yang ada di forum ini, maka para penanam modal tinggal menghubungi si pembuat ide untuk mewujudkan ide tersebut.

Ide IDMF ini, salah satunya dicetuskan oleh Ary Setijadi Prihatmanto, Ketua Program Studi Magister Teknologi Media Digital dan Game ITB.

Menurut Ary, IDMF terinspirasi dari forum milik ITB, ITB Digital Media Forum (ITB DMF). Fungsinya tidaklah jauh berbeda di antara ke-dua forum ini. Bedanya, ITB DMF hanya menampung ide kreatif dari anak-anak ITB.

"Komunitas IDMF seharusnya lebih besar, tentu dampaknya akan lebih besar juga. Ini (IDMF) merupakan forum kita semua," ujar Ary.

Dalam acara Gamemechanic di Bandung, pada Selasa (19/3/2013), dibahas berbagai potensi maupun arah pengembangan industri game Indonesia untuk persiapan bertarung di tingkat internasional.

Terdapat juga acara seminar untuk memperkenalkan perspektif baru dalam mengimplementasikan game tidak sekadar untuk bersenang-senang, tapi juga untuk tujuan yang serius. Tujuannya, game bisa menjadi media penyampai pesan atau bahkan membuka peluang bisnis yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com