Fitur Jeda Video di Galaxy S4 Dipermasalahkan

Kompas.com - 20/03/2013, 11:30 WIB
EditorReza Wahyudi

< KOMPAS.com - Hubungan LG dan Samsung kembali memanas. Tak hanya "bertarung" dalam industri televisi, kini keduanya saling tuding terkait hak paten di ponsel pintar Android.

LG mempermasalahkan teknologi pelacak mata (eye-tracking) yang ada di ponsel pintar Galaxy S4. Di ponsel Android Optimus G Pro, LG menyebut teknologi semacam ini dengan nama Smart Video. Sementara Samsung menyebutnya Smart Pause.

Teknologi ini melacak mata pengguna saat memandangi layar. Jika pengguna sedang menonton video, kemudian pandangan matanya berpaling dari layar, maka video tersebut secara otomatis akan jeda.

LG mengatakan pihaknya memiliki paten yang relevan dengan teknologi tersebut, yang sudah didaftarkan sejak 2005. Kantor berita Yonhap asal Korea Selatan melaporkan, Selasa (19/3/2013), LG akan melakukan investigasi untuk mengetahui teknologi yang diimplementasi Samsung.

Samsung membantah tudingan LG. Samsung merasa perusahaannya memiliki teknologi dan metode berbeda yang diimplementasikan sendiri di Galaxy S4.

Sekadar catatan, Optimus G Pro dan Galaxy S4 merupakan ponsel andalan dari LG dan Samsung. Keduanya akan dirilis ke pasar global pada April 2013.

Samsung dan LG sebelumnya saling gugat terkait hak paten panel layar organic light-emitting diode (OLED) yang dipakai di ponsel dan televisi. Keduanya saling meminta ke pengadilan, agar produk yang melanggar paten diblokir. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.