Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Jeda Video di Galaxy S4 Dipermasalahkan

Kompas.com - 20/03/2013, 11:30 WIB

< KOMPAS.com - Hubungan LG dan Samsung kembali memanas. Tak hanya "bertarung" dalam industri televisi, kini keduanya saling tuding terkait hak paten di ponsel pintar Android.

LG mempermasalahkan teknologi pelacak mata (eye-tracking) yang ada di ponsel pintar Galaxy S4. Di ponsel Android Optimus G Pro, LG menyebut teknologi semacam ini dengan nama Smart Video. Sementara Samsung menyebutnya Smart Pause.

Teknologi ini melacak mata pengguna saat memandangi layar. Jika pengguna sedang menonton video, kemudian pandangan matanya berpaling dari layar, maka video tersebut secara otomatis akan jeda.

LG mengatakan pihaknya memiliki paten yang relevan dengan teknologi tersebut, yang sudah didaftarkan sejak 2005. Kantor berita Yonhap asal Korea Selatan melaporkan, Selasa (19/3/2013), LG akan melakukan investigasi untuk mengetahui teknologi yang diimplementasi Samsung.

Samsung membantah tudingan LG. Samsung merasa perusahaannya memiliki teknologi dan metode berbeda yang diimplementasikan sendiri di Galaxy S4.

Sekadar catatan, Optimus G Pro dan Galaxy S4 merupakan ponsel andalan dari LG dan Samsung. Keduanya akan dirilis ke pasar global pada April 2013.

Samsung dan LG sebelumnya saling gugat terkait hak paten panel layar organic light-emitting diode (OLED) yang dipakai di ponsel dan televisi. Keduanya saling meminta ke pengadilan, agar produk yang melanggar paten diblokir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com