Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PASAR MODAL

The Fed Lanjutkan Program Stimulus Ekonomi

Kompas.com - 21/03/2013, 07:30 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve menegaskan bakal melanjutkan langkah agresifnya untuk menstimulasi perekonomian Negeri Paman Sam.

Pernyataan itu disampaikan pada Rabu (20/3/2013) dan membuat bursa Wall Street menguat di akhir perdagangan.

Dalam pernyataannya seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures, The Fed menyatakan akan mempertimbangkan risiko akibat kebijakannya dan seberapa jauh kemajuan dalam menekan tingkat pengangguran.

Bank sentral mengakui adanya tanda-tanda ekonomi AS sedang membaik namun menarik kembali pernyataan pertemuan yang lalu bahwa pasar krisis keuangan global sudah mereda.

The Fed juga memutuskan untuk melanjutkan pembelian obligasi dan kredit perumahan senilai 85 miliar dollar AS per bulan kendati.

Program ini berlanjut meski ada peningkatan kecemasan dari sejumlah petinggi mengenai risiko yang dapat ditimbulkan oleh program pembelian tersebut.

Bursa saham AS pun ditutup menguat semalam waktu Indonesia. Ini menghapus sebagian besar dari penurunan pekan lalu.

Indeks Dow Jones industrial average naik 0,39 persen ke level 14.511; Indeks S&P500 menguat 0,67 persen ke level 1.558 dan Indeks Komposit Nasdaq melejit 0,78 persen ke level 3.254.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com