Inilah Pemenang "Seni Jalanan" Google

Kompas.com - 21/03/2013, 07:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Google Chrome

JAKARTA, KOMPAS.com — Gerakan seni jalanan (street art) digital pertama di Indonesia yang diselenggarakan Google, Chrome Open Spaces, telah berakhir. Sembilan karya seni jalanan digital terbaik keluar sebagai juara dan dilukis secara nyata di 9 dinding sekitar Jakarta dan Bandung.

Country Marketing Manager Google Indonesia Krishna Zulkarnain mengatakan, Chrome Open Spaces telah menarik perhatian pencinta seni Indonesia. "Hampir 13.000 peserta serta 12.000 karya yang telah dihasilkan dan terkumpul lebih dari 11.000 dukungan," kata Krishna dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Dari ribuan perserta, ada sembilan karya seni jalanan digital terbaik yang mendapat dukungan paling banyak dari pengunjung situs openspaces.co.id, dan memikat perhatian juri. Ketiga juri itu adalah pekerja seni Darbotz, kurator Farah Wardhani, dan musisi David Bayu dari grup musik Naif.

Berikut adalah 9 karya dari 9 seniman yang menjuarai Chrome Open Spaces. Karya yang berasal dari gambar digital kemudian digambar secara nyata di dinding sekitar Jakarta dan Bandung.

1. "Buanglah Koruptor ke Tempat Sampah" karya Adi Setiawan

1. Buanglah Koruptor ke Tempat Sampah karya Adi Setiawan
Berawal dari keprihatinan melihat tindak pidana korupsi di Indonesia. Adi memvisualkan keresahannya dengan sosok anak kecil sebagai generasi penerus bangsa untuk melawan korupsi. Desain ini dilukis di tembok Metro Futsal Pondok Indah, Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. "Sing in Open Sky" karya Kristoforus Marvino

2. Sing in Open Sky karya Kristoforus Marvino
Desain yang menampilkan tiga anak kecil sedang bernyanyi di atap. Divisualkan dengan warna-warna cerah. "Sing Open Sky" dilukis di Kiara Condong, Bandung.

3. "Go Outside & Play!" karya Woof Jakarta atau Gibran

3. Go Outside & Play! karya Woof Jakarta atau Gibran
Karya ini dilukis di tembok Flyover Roxy, Jakarta, menampilkan dua anak kecil sedang bersepeda dengan mayoritas warna merah jambu yang menggambarkan kesenangan. Insipirasi karya ini berawal dari keprihatinan Gibran melihat terbatasnya ruang terbuka bagi anak-anak untuk bermain, khususnya di ibu kota Jakarta.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.