Bikin Galaxy S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

Kompas.com - 21/03/2013, 08:44 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

mobile.it168.com


KOMPAS.com -
Dengan segala macam komponen dan fitur canggih yang melengkapinya, Galaxy S4 dari Samsung sepintas terlihat seperti barang mahal, tapi berapakah ongkos produksi perangkat ini yang sebenarnya?

Laporan lembaga riset pasar IHS iSuppli yang dikutip Business Insider menyebutkan bahwa, secara keseluruhan, Samsung diprediksi perlu biaya 244 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta untuk membuat satu unit Galaxy S4 dengan kapasitas memori on-board 16 GB.

Harga komponen sebesar 236 dollar AS, sementara 8 dollar sisanya untuk biaya tenaga kerja. Tentu, angka-angka tersebut belum termasuk ongkos distribusi, pemasaran, dan lain sebagainya.
 
Perkiraan tersebut didasarkan pada harga masing-masing komponen Galaxy S4. Hardware yang paling mahal adalah layar sentuh 5 inci full-HD (1920x1080) yang diestimasi menghabiskan biaya 75 dollar AS, lebih tinggi dari harga layar Galaxy SIII sebesar 65 dollar AS.

Biaya produksi Galaxy S4 juga lebih tinggi dibandingkan versi 16 GB dari iPhone 5 yang menurut IHS membutuhkan ongkos pembuatan 207 dollar per unit.

Dibandingkan pendahulunya (Galaxy SIII), biaya produksi Galaxy S4 lebih mahal 30 dollar.

Samsung sendiri belum mengumumkan harga resmi Galaxy S4. Perusahaan asal Korea tersebut hanya menyatakan bahwa smartphone andalan barunya itu akan dipasarkan di level harga yang sebanding dengan produk-produk lain sekelasnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.