Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Galaxy S4 Lebih Mahal dari iPhone 5

Kompas.com - 21/03/2013, 08:44 WIB

mobile.it168.com


KOMPAS.com -
Dengan segala macam komponen dan fitur canggih yang melengkapinya, Galaxy S4 dari Samsung sepintas terlihat seperti barang mahal, tapi berapakah ongkos produksi perangkat ini yang sebenarnya?

Laporan lembaga riset pasar IHS iSuppli yang dikutip Business Insider menyebutkan bahwa, secara keseluruhan, Samsung diprediksi perlu biaya 244 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta untuk membuat satu unit Galaxy S4 dengan kapasitas memori on-board 16 GB.

Harga komponen sebesar 236 dollar AS, sementara 8 dollar sisanya untuk biaya tenaga kerja. Tentu, angka-angka tersebut belum termasuk ongkos distribusi, pemasaran, dan lain sebagainya.
 
Perkiraan tersebut didasarkan pada harga masing-masing komponen Galaxy S4. Hardware yang paling mahal adalah layar sentuh 5 inci full-HD (1920x1080) yang diestimasi menghabiskan biaya 75 dollar AS, lebih tinggi dari harga layar Galaxy SIII sebesar 65 dollar AS.

Biaya produksi Galaxy S4 juga lebih tinggi dibandingkan versi 16 GB dari iPhone 5 yang menurut IHS membutuhkan ongkos pembuatan 207 dollar per unit.

Dibandingkan pendahulunya (Galaxy SIII), biaya produksi Galaxy S4 lebih mahal 30 dollar.

Samsung sendiri belum mengumumkan harga resmi Galaxy S4. Perusahaan asal Korea tersebut hanya menyatakan bahwa smartphone andalan barunya itu akan dipasarkan di level harga yang sebanding dengan produk-produk lain sekelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com