Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Beri Akses Internet Gratis ke Wikipedia

Kompas.com - 21/03/2013, 14:09 WIB

Wikipedia Situs web ensiklopedia bebas Wikipedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memberi akses internet gratis ke situs web ensiklopedia Wikipedia dari pelanggan perangkat mobile. Hal ini terwujud berkat kerjasama Axiata Group Berhad dengan Wikimedia Foundation dalam program Wikipedia Zero, Senin (18/3/2013).

Seperti diketahui, XL Axiata merupakan anak perusahaan terbesar Axiata Group Berhad asal Malaysia.

"Kami ingin memberi kemudahan kepada pelanggan untuk mengakses pengetahuan bebas dan terbuka di Wikipedia," kata Manager Public Relations Corporate Communications XL Axiata Henry Wijayanto, saat dihubungi KompasTekno.

Bukanya hanya Indonesia, pelanggan di seluruh Asia yang masuk dalam jaringan Axiata juga bisa menikmati internet gratis ke Wikipedia, seperti Dialog Axiata (Sri Langka), Smart Axiata (Kamboja), Celcom Axiata (Malaysia), dan Robi Axiata (Bangladesh). Program ini berlaku selama periode operasional sepanjang 2013.

Program Wikipedia Zero fokus pada pencapaian satu miliar orang di seluruh dunia yang memakai perangkat mobile, agar bisa mengakses Wikipedia secara gratis.

Kepala Mobile Wikimedia Foundation, Kul Takanao Wadhwa mengatakan, kemitraan yang dijalin dengan operator seluler merupakan langkah penting agar semua orang bisa mengakses ilmu pengetahuan. "Kami memuji Axiata yang bergabung dengan kami untuk meniadakan penghalang utama dalam mengakses Wikipedia dari ponsel," katanya dalam siaran pers.

Hingga kini, program Wikipedia Zero diklaim sudah menyediakan akses internet gratis ke 410 juta pengguna perangkat mobile di seluruh dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com