Kompas.com - 22/03/2013, 09:51 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2012, Padfone 2 akhirmya resmi memasuki pasaran Indonesia.

Gadget gabungan smartphone-tablet ini sudah bisa diperoleh di penjualan perdana hari Sabtu (23/3/2013) dan Minggu (24/3/2013) mendatang dalam penjualan perdana di mall Grand Indonesia.

Dengan harga jual Rp 8.199.000 untuk versi dengan storage 32GB dan Rp 9.199.000 untuk versi dengan storage 64GB, Manajer Produk dan Pemasaran Asus Indonesia Juliana Cen mengaku pihaknya tidak menargetkan volume penjualan yang besar untuk Padfone 2.

"Kami lebih condong memakai produk ini untuk branding, menunjukkan bahwa Asus bukan hanya andal membuat notebook, tapi juga smartphone dan tablet," ujar Juliana dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (21/3/2013).

oik yusuf/ kompas.com

Padfone 2 sendiri sejatinya merupakan smartphone yang dilengkapi dengan unit docking berupa layar "tablet" 10 inci (1280x800). Unit smartphone bisa digunakan secara independen layaknya ponsel pintar lain.

Unit tablet, sementara itu, bisa menyala apabila unit smartphone dimasukkan ke dalam sebuah kompartemen khusus di sisi belakang. Semua pemrosesan dilakukan oleh unit smartphone yang dibekali prosesor quad-core Snapdragon S4, RAM 2GB, kamera 13 megapixel, dan layar 4,7 inci (1280x720).

Incar pasar tablet

Seiring dengan bergesernya tren industri ke arah perangkat mobile, Juliana mengatakan bahwa Asus akan fokus dengan upaya meningkatkan pangsa di pasar tablet pada 2013.

"Tahun lalu (2012), share kami masih di bawah 5 persen, tahun kami kami targetkan mampu mencapai 20 persen,"  ujar Juliana.

Dia mengatakan, dari segi volume penjualan, produk-produk yang jadi andalan Asus di segmen tablet adalah Nexus 7 dan tablet murah MeMO Pad yang dibanderol Rp 1,7 juta.

"Biarpun Nexus 7 hanya dilengkapi WiFi, tapi stoknya segera habis bahkan ketika masih dalam masa pre-order," ujar Juliana, sambil menambahkan bahwa versi 3G dari tablet populer hasil kolaborasi dengan Google ini akan tersedia di Indonesia awal April mendatang.

Juliana menjanjikan, pihaknya bakal melepas lebih banyak produk tablet dan smartphone di Indonesia tahun ini. "Untuk sekarang saya belum bisa bilang apa saja, tunggu tanggal mainnya."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.