Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ponsel-Tablet" Asus Padfone 2 Dijual Rp 8,2 Juta

Kompas.com - 22/03/2013, 09:51 WIB

oik yusuf/ kompas.com


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2012, Padfone 2 akhirmya resmi memasuki pasaran Indonesia.

Gadget gabungan smartphone-tablet ini sudah bisa diperoleh di penjualan perdana hari Sabtu (23/3/2013) dan Minggu (24/3/2013) mendatang dalam penjualan perdana di mall Grand Indonesia.

Dengan harga jual Rp 8.199.000 untuk versi dengan storage 32GB dan Rp 9.199.000 untuk versi dengan storage 64GB, Manajer Produk dan Pemasaran Asus Indonesia Juliana Cen mengaku pihaknya tidak menargetkan volume penjualan yang besar untuk Padfone 2.

"Kami lebih condong memakai produk ini untuk branding, menunjukkan bahwa Asus bukan hanya andal membuat notebook, tapi juga smartphone dan tablet," ujar Juliana dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (21/3/2013).

oik yusuf/ kompas.com

Padfone 2 sendiri sejatinya merupakan smartphone yang dilengkapi dengan unit docking berupa layar "tablet" 10 inci (1280x800). Unit smartphone bisa digunakan secara independen layaknya ponsel pintar lain.

Unit tablet, sementara itu, bisa menyala apabila unit smartphone dimasukkan ke dalam sebuah kompartemen khusus di sisi belakang. Semua pemrosesan dilakukan oleh unit smartphone yang dibekali prosesor quad-core Snapdragon S4, RAM 2GB, kamera 13 megapixel, dan layar 4,7 inci (1280x720).

Incar pasar tablet

Seiring dengan bergesernya tren industri ke arah perangkat mobile, Juliana mengatakan bahwa Asus akan fokus dengan upaya meningkatkan pangsa di pasar tablet pada 2013.

"Tahun lalu (2012), share kami masih di bawah 5 persen, tahun kami kami targetkan mampu mencapai 20 persen,"  ujar Juliana.

Dia mengatakan, dari segi volume penjualan, produk-produk yang jadi andalan Asus di segmen tablet adalah Nexus 7 dan tablet murah MeMO Pad yang dibanderol Rp 1,7 juta.

"Biarpun Nexus 7 hanya dilengkapi WiFi, tapi stoknya segera habis bahkan ketika masih dalam masa pre-order," ujar Juliana, sambil menambahkan bahwa versi 3G dari tablet populer hasil kolaborasi dengan Google ini akan tersedia di Indonesia awal April mendatang.

Juliana menjanjikan, pihaknya bakal melepas lebih banyak produk tablet dan smartphone di Indonesia tahun ini. "Untuk sekarang saya belum bisa bilang apa saja, tunggu tanggal mainnya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com