Kompas.com - 25/03/2013, 12:01 WIB
EditorReza Wahyudi

9to5mac.com Tampilan 2D dan 3D (kanan) dari mockup software peta buatan Apple

KOMPAS.com - Apple dikabarkan membeli membeli perusahaan pemeteaan dalam ruangan WifiSLAM seharga 20 juta dollar AS.

WifiSLAM adalah perusahaan startup berumur dua tahun yang membuat sistem indoor mapping berbasis WiFi dan GPS.

Sistem yang tingkat akurasinya disebut mencapai 2,5 meter ini bisa dipakai membantu aplikasi menemukan posisi pengguna saat berada di dalam ruangan. 

phonearena.com Contoh data indoor positioning dari WifiSLAM


Seperti dilaporkan oleh Phone Arena, boleh jadi langkah Apple tersebut dimaksudkan untuk memperkuat aplikasi peta Apple Maps agar lebih kompetitif dengan Google Maps yang "dibuang" dari iOS6.

Google maps sudah lebih dulu menyertakan fitur peta dalam ruangan di lokasi-lokasi tertentu, seperti pusat perbelanjaan dan bandara. Google merilis aplikasi Maps untuk iOS 6 pada Desember tahun lalu.

Apple Maps, sementara itu, sejak pertama diluncurkan Oktober tahun 2012 untuk menggantikan Goolge maps sebagai aplikasi peta default di iOS6 tak berhasil membangun reputasi baik dikarenakan banyaknya kesalahan informasi dan bug yang terdapat di dalamnya.

Apple sendiri menolak menjelaskan lebih lanjut maksud akuisisi tersebut dan hanya mengatakan bahwa "pembelian perusahaan teknologi ini adalah hal yang umum dilakukan Apple."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.