Kompas.com - 25/03/2013, 13:07 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Seiring bergesernya tren industri ke arah perangkat mobile, komponen hardware dan software pun dituntut makin hemat daya.

Begitupun dengan prosesor Intel "Haswell" yang disebut-sebut CEO Paul Otellini bakal menghasilkan "penghematan baterai terbesar sepanjang sejarah kelanjutan prosesor."

Menurut sumber dari Microsoft yang dikutip oleh Cnet, prosesor irit daya itu rencananya akan dipasangkan dengan teknologi penghematan daya khusus dalam sistem operasi "Windows Blue" dari Microsoft.

Microsoft, menurut sang sumber anonim, sedang mengembangkan "model daya" yang bisa beradaptasi dengan bermacam perangkat mobile dengan tingkat performa yang berbeda-beda.

Ini berarti kolaborasi prosesor Haswell dan Windows Blue bisa menghasilkan platform yang berfungsi layaknya OS tablet atau smartphone. Teknologi untuk mewujudkan itu dikerjakan Intel dan Microsoft secara bersama-sama.

Haswell sendiri memang antara lain ditujukan sebangai prosesor berbagai perangkat mobile, seperti ultrabook dan hybrid yang mengkombinasikan konsep laptop dengan tablet.

"Nantinya akan ada ultrabook yang sangat kencang, bahkan lebih kencang dari yang memakai prosesor Ivy Bridge saat ini, tapi daya tahan baterainya lebih lama," lanjut sang sumber. Ivy Bridge atau yang dikenal dengan nama prosesor Core i Generasi Ketiga akan digantikan oleh Haswell.

Laptop dengan prosesor Haswell pun bisa berada dalam mode sleep lebih lama. Beberapa model perangkat Haswell bisa terus menerima e-mail, serta feed dari media sosial dalam kondisi sleep agar penggunanya tetap up-to-date.

Microsoft sendiri belum banyak mengungkapkan informasi soal Windows Blue. Akan tetapi, bila kabar di atas benar adanya, boleh jadi sistem operasi ini akan dirilis dalam waktu berdekatan dengan Haswell (pertengahan 2013) atau tak sampai setahun setelah kemunculan Windows 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.