Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Pengganti Google Reader

Kompas.com - 25/03/2013, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Google memutuskan untuk menutup layanan baca berita Google Reader pada 1 Juli 2013 mendatang. Ini merupakan aksi "bersih-bersih" agar Google fokus ke bisnis inti.

Keputusan Google yang mengejutkan ini membuat pengguna Google Reader mencari alternatif layanan serupa. Momen ini pun dimanfaatkan oleh para penyedia layanan pembaca berita lain, untuk menggaet pengguna baru yang hijrah dari Google Reader.

Berikut layanan alternatif yang serupa dengan Google Reader:

1. Feedly

Feedly nampaknya akan jadi pewaris tahta Google Reader. Pengguna Google Reader bisa langsung migrasi langganan RSS yang sudah dimiliki ke Feedly. Ini sangat memudahkan, Anda tak perlu lagi memasukkan satu per satu RSS dari portal berita atau blog ke Feedly.

Feedly menyediakan aplikasi gratis untuk perangkat mobile iOS dan Android, serta bisa diakses melalui situs web di komputer pribadi.

Anda dimungkinkan untuk mengelompokkan situs web dan blog dalam folder. Feedly juga mengizinkan untuk berbagi konten ke jejaring sosial, bahkan mengirim artikel ke Evernote.

2. Newsblur

Newsblur menyediakan aplikasi untuk perangkat iOS dan Android. Ia juga bisa diakses dari situs web di komputer pribadi. Tampilan Newsblur mirip seperti tampilan kotak masuk sebuah email.

Jika Anda ingin memakai layanan ini secara gratis, maka Anda hanya diizinkan berlangganan 64 situs web portal berita atau blog. Lebih dari itu, Anda dikenakan biayanan langganan 2 dollar AS per bulan.

Bagi pengguna Google Reader yang ingin memindahkan data RSS ke Newsblur, bisa menggunakan Google Takeout. Atau, bisa juga memanfaatkan fitur ekpor/impor file OPML yang terdapat di bagian setting Google Reader.

3. Flipboard

Bagi Anda pengguna perangkat mobile, tentu sudah familiar dengan Flipboard. Layanan ini menyebut dirinya "Majalah Sosial Anda."

Flipboard tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Selain tampilan yang keren, ia memberi sensasi seperti membaca majalah saat berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Anda juga bisa mengekspor data Google Reader ke Flipboard.

Yang unik dari Flipboard, Anda bisa mengintegrasikan akun jejaring sosial ke Flipboard, seperti Twitter, Facebook maupun LinkedIn.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com