Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2013, 14:13 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena terkait Matahari bisa mengakibatkan gangguan komunikasi. Salah satunya adalah "sun outage".

Thomas Djamaluddin, astrofikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menuturkan, "Sun outage terjadi karena adanya interferensi radiasi Matahari, karena Matahari, satelit, dan Bumi berada pada satu garis lurus."

Menurut Thomas, sun outage terjadi hanya beberapa menit ketika sinyal dari satelit geostasioner terganggu oleh sinyal Matahari yang jauh lebih kuat.

Dihubungi Kompas.com, Selasa (26/3/3013), Thomas menjelaskan, "Gangguan akibat sun outage bisa terjadi pada siaran televisi satelit, jaringan komunikasi telepon, atau komunikasi data lewat internet."

Fenomena sun outage adalah fenomena tahunan biasa. Fenomena ini terjadi saat Matahari akibat gerak semunya berada di khatulistiwa, sekitar tanggal 20 Maret dan 23 September setiap tahunnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Anambas, Khairul Syahadat, seperti dikutip Tribun, Senin (25/3/2013), mengungkapkan bahwa pada tahun ini, sun outage bisa mengakibatkan gangguan komunikasi antara akhir Maret hingga 23 April 2013.

"Intinya, jaringan internet akan mengalami gangguan selama 1 menit hingga 40 menit, yaitu kisaran pukul 11.00 hingga 12.15 setiap hari," papar Khairul.

Atas kemungkinan yang bisa terjadi, Khairul mengimbau masyarakat untuk bersabar dalam menggunakan jaringan internet. Ia mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan waktu di luar saat potensial terjadi gangguan.

Thomas mengatakan, masyarakat tak perlu menanggapi sun outage berlebihan. "Ini sudah peristiwa setiap tahun dan setiap operator telekomunikasi sudah mengantisipasi," katanya.

Sementara itu, pengguna internet yang berlangganan layanan dari beberapa operator seluler sempat mengalami gangguan koneksi. Apakah gangguan tersebut terkait dengan fenomena sun outage yang terjadi saat ini?

Sejauh ini, keterangan yang dihimpun Kompas Tekno hari ini tak menunjukkan hubungan gangguan koneksi internet dan sun outage.

Konfirmasi dari operator Smartfren menyatakan bahwa gangguan komunikasi terjadi akibat putusnya kabel bawah laut di sekitar Pulau Bangka dan Batam. Dua jalur komunikasi lain, di Trans Sumatera dan jalur timur, juga putus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.