Arab Saudi Ancam Blokir Skype dan WhatsApp

Kompas.com - 26/03/2013, 14:43 WIB
EditorReza Wahyudi

Sejumlah pengamat melihat ancaman pelarangan terhadap aplikasi komunikasi gratis karena motif bisnis.

KOMPAS.com — Layanan instant messenger dan video chat, seperti Skype, Viber, dan WhatsApp, diancam akan diblokir penggunaannya di Arab Saudi.

Belum ada penjelasan alasan di balik ancaman Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan permintaan ini.

Sikap ini kemungkinan dipengaruhi oleh meningkatnya kerugian yang dialami oleh perusahaan telekomunikasi akibat keberadaan aplikasi komunikasi gratis yang sangat populer di negara itu.

Seperti dikutip dari BBC, perusahaan telekomunikasi yang pelanggannya menggunakan aplikasi tersebut diberi waktu seminggu untuk menanggapi peringatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Dalam peringatan tersebut, Pemerintah Arab Saudi meminta agar ada perangkat yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas penggunaan aplikasi seperti ini.

Seorang bloger asal Arab Saudi, Ahmed Omran, mengatakan, kemungkinan sejumlah perusahaan telekomunikasi akan tergoda untuk menyetujui permintaan dari regulator meskipun itu akan mengecewakan pelanggan mereka.

Seorang pengamat lainnya yang menuliskan artikel soal ini di Arab News bahkan punya dugaan lebih jauh lagi yang menyebut sebenarnya permintaan pembatasan dan pengawasan ini datang dari perusahaan telekomunikasi untuk menentang keberadaan aplikasi komunikasi gratis tersebut.

Langkah yang dilakukan saat ini serupa dengan upaya beberapa tahun lalu untuk menghentikan layanan pesan serupa.

Aturan ini mendapat kritikan dari sejumlah pekerja asing di negara itu yang mengatakan bahwa komunikasi dengan aplikasi ini sangat membantu mereka menghindari biaya yang mahal.

Sementara warga Arab Saudi sendiri mengatakan akan merasa tidak nyaman jika komunikasi mereka dengan menggunakan aplikasi seperti Skype diawasi. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X