Kompas.com - 27/03/2013, 10:08 WIB
EditorReza Wahyudi
KAREN BLEIER / AFP Facebook

KOMPAS.com — Facebook akan memperluas sistem iklan sebagai upaya mendapat penghasilan lebih. Kali ini, jejaring sosial internet terbesar itu akan menampilkan iklan di News Feed.

Sebelumnya, Facebook hanya menampilkan iklan produk atau informasi lain di sisi kanan halaman, yang dilacak berdasarkan kunjungan pengguna di masa lalu. Nah, iklan yang bakal ditampilkan di dalam News Feed ini disebut Facebook Exchange.

Facebook mengatakan, iklan di News Feed ini akan muncul pertama kali di versi komputer pribadi, tetapi tidak pada perangkat mobile.

"Desktop lebih sejalan dengan FBX (Facebook Exchange) yang secara efektif menampilkan iklan di sisi kanan. Kami juga menemukan bahwa desktop adalah tempat di mana banyak orang mengonversi dan langsung merespons iklan yang dilihatnya," ujar juru bicara Facebook, Elisabeth Diana, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/3/2013).

Facebook akan menguji layanan iklan terbarunya kepada mitra dan sejumlah pengguna terbatas dan rencananya akan diperluas dalam beberapa pekan mendatang.

Pendapatan terbesar Facebook selama ini datang dari iklan, yang menyumbang 84 persen dari total pendapatan pada 2012.

Jika iklan di News Feed efektif, tak menutup kemungkinan Facebook akan menampilkannya di perangkat mobile. Facebook tentu akan tergiur untuk melakukannya karena tren teknologi sedang bergeser ke arah mobile.

Data bulan Desember 2012, mencatat, sekitar dua pertiga pengguna Facebook mengakses layanan dari perangkat mobile. Namun, di sisi lain, iklan di News Feed itu akan mengganggu ruang pengguna, apalagi di ponsel pintar berlayar kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.