Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Apple Butuh Visioner, Bukan Administrator"

Kompas.com - 27/03/2013, 14:16 WIB

9to5mac.com Tim Cook, CEO Apple Inc

KOMPAS.com - Sepeninggal Steve Jobs, bagaimanakah kiprah Apple di dunia komputer dan gadget? Menurut mantan Chief Operating Officer Microsoft Bob Herbold, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini sudah mulai "kehilangan arah."

Herbold menilai Apple yang sekarang bukan Apple yang dulu lagi. Soal pemimpin, dia mengatakan bahwa "yang dibutuhkan adalah seorang visioner (seperti Steve Jobs), bukan pekerja administrasi", tulisnya dalam sebuah artikel di Forbes, seperti dikutip dari Neowin.

Meski tidak secara langsung menyebut nama, istilah "pekerja administrasi" yang disebut Herbold disinyalir tertuju untuk Tim Cook, orang yang mengambil alih jabatan CEO dari Jobs sejak pendiri Apple itu cuti karena sakit pada Januari 2011.

"Pemimpin ini haruslah bersikap paranoid dalam membuat setiap produk baru dari perusahaan agar bisa lebih menarik dan berdampak lebih besar bagi pengguna," tulis Herbold.

Hal tersebut, menurut Herbold, sekilas terdengar gampang dilakukan. Tapi dia menambahkan bahwa semuanya harus dilakukan dengan cepat dan jelas. "Segala macam birokrasi yang bisa menghambat upaya tersebut harus dihindari."

Herbold menyebut Jobs sebagai "pemimpin visioner yang hebat" sebagaimana terbukti dari pencapaiannya dengan produk-produk seperti iPhone dan iPad. Dia menyebut turunnya harga saham Apple sebagai akibat dari mulai memudarnya daya tarik perusahaan tersebut.

Sebelumnya, beberapa figur telah mengungkapkan pendapat serupa, termasuk Steve Wozniak yang turut mendirikan Apple bersama Steve Jobs. Produk iPhone yang menjadi salah satu andalan perusahaan ini pun belakangan menjadi target serangan komentar beberapa pesaing seperti BlackBerry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com