Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Apple Butuh Visioner, Bukan Administrator"

Kompas.com - 27/03/2013, 14:16 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

9to5mac.com Tim Cook, CEO Apple Inc

KOMPAS.com - Sepeninggal Steve Jobs, bagaimanakah kiprah Apple di dunia komputer dan gadget? Menurut mantan Chief Operating Officer Microsoft Bob Herbold, perusahaan berlambang buah apel tergigit ini sudah mulai "kehilangan arah."

Herbold menilai Apple yang sekarang bukan Apple yang dulu lagi. Soal pemimpin, dia mengatakan bahwa "yang dibutuhkan adalah seorang visioner (seperti Steve Jobs), bukan pekerja administrasi", tulisnya dalam sebuah artikel di Forbes, seperti dikutip dari Neowin.

Meski tidak secara langsung menyebut nama, istilah "pekerja administrasi" yang disebut Herbold disinyalir tertuju untuk Tim Cook, orang yang mengambil alih jabatan CEO dari Jobs sejak pendiri Apple itu cuti karena sakit pada Januari 2011.

"Pemimpin ini haruslah bersikap paranoid dalam membuat setiap produk baru dari perusahaan agar bisa lebih menarik dan berdampak lebih besar bagi pengguna," tulis Herbold.

Hal tersebut, menurut Herbold, sekilas terdengar gampang dilakukan. Tapi dia menambahkan bahwa semuanya harus dilakukan dengan cepat dan jelas. "Segala macam birokrasi yang bisa menghambat upaya tersebut harus dihindari."

Herbold menyebut Jobs sebagai "pemimpin visioner yang hebat" sebagaimana terbukti dari pencapaiannya dengan produk-produk seperti iPhone dan iPad. Dia menyebut turunnya harga saham Apple sebagai akibat dari mulai memudarnya daya tarik perusahaan tersebut.

Sebelumnya, beberapa figur telah mengungkapkan pendapat serupa, termasuk Steve Wozniak yang turut mendirikan Apple bersama Steve Jobs. Produk iPhone yang menjadi salah satu andalan perusahaan ini pun belakangan menjadi target serangan komentar beberapa pesaing seperti BlackBerry

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.