Internet Terganggu, Smartfren Siapkan Kompensasi

Kompas.com - 27/03/2013, 15:13 WIB
EditorReza Wahyudi

Smartfren Dari kiri ke kanan: Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim, maskot Kwik, dan Division Head of Core Product Sukaca Purwokardjono.

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah layanan internet Smartfren mengalami gangguan selama dua pekan terakhir, Smartfren menyatakan siap memberi kompensasi kepada pelanggan internet.

Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, pihaknya siap memberi tambahan volume internet sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setianya. Namun, ia belum memberi tahu berapakah besarnya volume yang akan diberikan.

"Kita belum bisa kasih tahu kompensasi apa yang akan diberikan. Satu atau dua hari lagi akan diumumkan," ujar Djoko dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Tim teknis Smartfren sedang merancang skema kompensasi beserta cara aktivasi yang akan dilakukan pelanggan agar mendapat kompensasi tersebut.

Masalah internet mati Smartfren ini terjadi sejak 15 Maret 2013 karena kabel serat optik bawah laut yang terputus di antara Pulau Bangka dan Batam. Saat itu, Smartfren masih bisa menambal kapasitas internet menggunakan jaringan jalur darat trans Sumatera, di bagian barat dan timur.

"Saat itu, kita berpikir masalah ini bisa diselesaikan dalam hitungan jam, tapi ternyata jalur darat itu juga terputus," lanjut Djoko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Djoko menegaskan, bahwa jalur darat trans Sumatera itu terputus juga pada 16 dan 17 Maret 2013. Kemudian, operator seluler CDMA ini menyewa jaringan serat optik bawah laut dari pihak ketiga, tetapi serat optik itu terputus juga karena jangkar kapal pada 23 Maret.

Tim pusat layanan pelanggan Smartfren baru mengumumkan adanya gangguan internet ini pada Senin, 25 Maret, lewat jejaring sosial internet. Keesokan harinya para petinggi Smartfren memberi pernyataan resmi ke media massa. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.