Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2013, 16:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Sony Mobile Communications Sony Xperia Z

KOMPAS.com - Setelah diterpa isu mati mendadak beberapa waktu lalu, kini smartphone andalan terbaru Sony Mobile, Xperia Z, kembali dilanda berita yang kurang enak.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (27/3/2013), seorang pengguna YouTube mengunggah sebuah cara sederhana yang mengizinkan ia untuk melihat semua data yang ada, seperti e-mail, daftar kontak, dan pesan SMS, tanpa harus menebak password yang melindungi Xperia Z.

Adalah Scott Reed, salah seorang pengguna Xperia Z, yang berhasil menemukan celah keamanan tersebut. Dalam video yang diunggahnya, ia terlihat memasukkan beberapa kode sederhana di saat ponsel dalam mode panggilan darurat (emergency call).

Setelah kode dimasukkan, smartphone ini akan mengeluarkan beberapa menu. Reed pun terlihat memilih menu NFC. Nah, dari menu NFC inilah, Reed dapat menekan tombol berlogo rumah yang membawanya langsung ke halaman home Xperia Z.

Melalui langkah-langkah tersebut, Reed dapat masuk ke halaman utama Xperia Z, tanpa harus memasukkan password.

Kasus celah keamanan yang mengizinkan seseorang melakukan bypass password seperti ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Beberapa waktu lalu, smartphone Apple iPhone juga tertimpa masalah ini.

Apple sendiri sudah menyadari masalah tersebut dan berusaha menyelesaikan masalah tersebut melalui update iOS 6.1.3. Sayangnya, masalah ini tidak usai. Ditemukan cara baru untuk melakukan bypass tersebut.

Pada bulan Desember 2012 lalu, produk Samsung pun terkena masalah yang sama. Masalah ini diketahui menimpa produk Samsung yang menggunakan prosesor Exynos 4210 dan Exynos 4412.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.