Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Penerbangan

Angkasa Pura I dan Garuda Indonesia Menangi LIMA Awards 2013

Kompas.com - 28/03/2013, 20:19 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

LANGKAWI, KOMPAS.com — Dua BUMN Indonesia di bidang layanan penerbangan, PT Angkasa Pura I yang membawahi Bandara Internasional Juanda serta PT Garuda Indonesia Tbk, meraih penghargaan ASEAN Commercial Aviation Awards Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2013.

Penghargaan ini diumumkan pada Kamis (28/3/2013) sore, di Ballroom Mahsuri International Exhibition Centre (MICE) Langkawi, yang menjadi tempat perhelatan kegiatan pameran penerbangan dan maritim dua tahunan di Malaysia itu.

Dari total enam kategori yang dilombakan, kedua BUMN Indonesia itu meraih dua kategori. Bandara Juanda, Surabaya, meraih ASEAN Airport of The Year untuk penumpang di bawah 20 juta orang per tahun, sementara maskapai Garuda Indonesia meraih ASEAN Premium Airline of The Year.

Maskapai Garuda Indonesia menyisihkan sejumlah airlines lain seperti Singapore Airlines, Malaysian Airlines, dan Thai Airways. Sementara itu, Bandara Juanda menyisihkan sejumlah bandara lain di ASEAN seperti Bandara Pulau Pinang dan Bandara Kinabalu, Malaysia. Adapun keempat pemenang lainnya adalah Bandara Changi Singapura dalam kategori 2013 ASEAN Airport of The Year untuk penumpang di atas 20 juta per tahun; maskapai Air Asia untuk ASEAN Low Cost Airline of The Year; ST Aerospace untuk kategori ASEAN Airframe MRO Service Provider; dan Eagle Service Asia untuk kategori ASEAN Engine MRO Service Provider.

Managing Director LIMA 2013, Ahmad Dzuhri Wahab, mengatakan, penilaian pemenang ASEAN Commercial Aviation Awards 2013 ini dilaksanakan melalui survei oleh konsultan Frost and Sullivan.

Bertindak sebagai juri adalah perwakilan dari industri aviasi dan pemerintahan (Departement of Civil Aviation Malaysia). Setiap kategori mengikutsertakan setidaknya lima nominasi.

Adapun kriteria pemilihan antara lain kepemimpinan, strategi pemasaran, pertumbuhan pasar dan penumpang, profit, serta performa yang diraih dalam tiga tahun terakhir.

Penyerahan penghargaan ini dihadiri mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad. Hadir dalam acara ini General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Udara Juanda Trikora Harjo, dan Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha, Vice President Corporate Quality Safety and Environment Management PT Garuda Indonesia Tbk Novianto Herupratomo.

Kepada wartawan, Trikora Harjo mengatakan, pihaknya tidak menyangka Bandara Juanda bisa meraih penghargaan international ini. Ini merupakan penghargaan internasional pertama yang diraih Bandara Juanda. Sebelumnya, Bandara Juanda masuk dalam nominasi penghargaan tingkat Asia Pasifik, yaitu Routes Airport Marketing Awards 2013 yang diumumkan pekan lalu di Mumbai, India.

LIMA 2013 yang digelar hingga akhir pekan ini, menghadirkan 300 orang pelaku industri penerbangan komersial dan militer. Mereka berasal dari 52 negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com