Puluhan Ribu 'Malware' Ditemukan di Android

Kompas.com - 29/03/2013, 18:01 WIB
EditorReza Wahyudi

talkandroid.com
KOMPAS.com - Kaspersky Lab, perusahaan keamanan jaringan asal Rusia, pernah mengungkapkan prediksi terkait dunia mobile di tahun 2012. Kala itu, perusahaan yang dipimpin oleh Eugene Kaspersky tersebut memprediksi, penjahat cyber akan memfokuskan perhatian pada platform Android.

Prediksi Kaspersky Lab tersebut akhirnya terbukti akurat. Pada Januari 2012, Kaspersky Lab mengaku memiliki kurang dari 6.000 contoh malware unik, khusus untuk platform buatan Google tersebut.

Kemudian, pada akhir tahun 2012, Kaspersky Lab mengklaim, telah mendapatkan lebih dari 43.000 malware Sekitar 99 persennya menargetkan smartphone dan perangkat tablet berbasis Android.

Sedangkan ancaman untuk perangkat berbasis Symbian dan BlackBerry atau perangkat yang mendukung versi mobile Java kurang dari 1 persen.

Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTekno, Kamis (28/3/2013), ancaman terbesar Android dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu SMS Trojan yang dapat mencuri uang dengan mengirimkan SMS; adware; dan eksploitasi untuk mendapatkan root access yang mampu memberikan akses penuh ke perangkat dan data yang tersimpan di dalamnnya.

Ada pula mobile botnet baru dengan nama Foncy yang memungkinkan penjahat cyber mengontrol perangkat mobile. Untuk kasus yang satu ini, si pembuat botnet telah ditangkap oleh pihak kepolisian Prancis. Para pelaku diperkirakan sudah berhasil meraup 100 ribu euro atau sekitar Rp 1,2 miliar dari para korban.

"Penjahat cyber benar-benar serius menggarap perangkat mobile karena perangkat mobile saat ini biasanya berisi data yang lebih pribadi yang dahulu disimpan di PC. Pada tahun 2012 kami mencatat ribuan program jahat baru dengan tujuan mencuri informasi, mengambil uang dari akun mobile dan rekening bank dan memata-matai pengguna. Sayangnya, platform Android telah menjadi lingkungan yang cukup berbahaya dan sangat membutuhkan perlindungan," kata Denis Maslennikov, Analis Malware Senior, Kaspersky Lab.
 
Serangan ke platform selain Android

Meski jumlah aplikasi berbahaya baru untuk smartphone berbasis Symbian dan Blackberry lebih sedikit, beberapa aplikasi yang ada diketahui menyasar akun bank korbannya.

Tahun lalu para pakar Kaspersky Lab mencatat adanya versi baru Trojan seperti Zeus-in-the-Mobile dan SpyEye-in-the-Mobile yang menggabungkan kekuatan dengan aplikasi berbahaya pada desktop untuk mendapatkan akun bank pengguna. Mobile malware di sini digunakan untuk mencuri pesan otorisasi dari bank, atau kode mTAN, yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi.

Malware seperti ini juga menyembunyikan pesan dari bank sehingga pengguna tidak menerima pesan tersebut. Pengguna baru akan menyadari adanya ketidakberesan ketika mengecek saldo bank mereka.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X