Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-22 ke Korsel

Kompas.com - 01/04/2013, 10:14 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Militer AS, Senin (1/4/2013), mengatakan, pihaknya telah mengerahkan sejumlah jet tempur siluman ke Korea Selatan sebagai bagian dari latihan militer gabungan yang sedang berlangsung yang telah memicu ancaman pembalasan serangan bersenjata dari Korea Utara.

Dua jet tempur F-22 Raptor tiba di Korea Selatan, Minggu, untuk berpartisipasi dalam latihan tahun "Foal Eagle" yang akan berlangsung hingga 30 April, kata juru bicara pasukan AS di Korea Selatan kepada AFP. Jet-jet itu dilaporkan telah diterbangkan dari pangkalan udara AS di Okinawa, Jepang.

Meskipun itu bukan pertama kalinya sejumlah pesawat F-22 digunakan dalam latihan tahunan, kehadiran mereka pasti akan lebih membuat marah Pyongyang pada saat ketegangan militer meningkat tajam di kawasan itu. Korea Utara telah mengancam untuk menyerang daratan AS dan pangkalan militer AS di Pasifik sebagai tanggapan terhadap partisipasi sejumlah pesawat pengebom siluman AS yang berkemampuan nuklir, yaitu B-52 dan B-2, dalam latihan tahunan Foal Eagle itu.

Hari Sabtu, Korea Utara menyatakan telah memasuki "keadaan perang" dengan Korea Selatan dan memperingatkan Seoul dan Washington bahwa setiap provokasi cepat akan meningkat menjadi konflik nuklir total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com