Kompas.com - 01/04/2013, 16:58 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com  BlackBerry Z10 sudah meluncur. BlackBerry Q10 yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY pun akan segera menyusul. Lalu, setelah dua smartphone itu, perangkat apa lagi yang dipersiapkan BlackBerry untuk mendorong platform BlackBerry 10?

Boleh jadi, tiga perangkat BlackBerry 10 berikutnya akan datang, salah satunya dalam bentuk tablet dan/ atau phablet.

Itulah yang terlihat dalam sebuah gambar "roadmap" BlackBerry 10 yang dikutip oleh CrackBerry.

Dalam screenshot roadmap itu tampak sebuah perangkat mirip tablet (dalam orientasi landskap) bernama "BB10 L" yang dijadwalkan untuk kuartal ketiga atau keempat 2013.

Sebelumnya, operator Sprint asal Amerika Serikat memang sempat dikabarkan bakal mendapat perangkat BlackBerry touchscreen selain Z10 yang sudah tersedia.

Setelah itu, masih menurut screenshot yang sama, sekitar akhir 2013 atau awal 2014 ada perangkat BlackBerry lain bernama "U10" yang akan dirilis. Bentuknya digambarkan mirip perangkat phablet dengan layar berukuran besar. Terakhir, ada perangkat "R10" yang dilengkapi keyboard.

Roadmap ini belum tentu menggambarkan keadaan yang sebenarnya. BlackBerrry sendiri belum merinci perangkat BlackBerry 10 seperti apa yang bakal menyusul Z10 dan Q10.

Yang jelas, produsen asal Kanada tersebut sempat mengatakan bakal menawarkan sejumlah model BlackBerry 10 pada konsumen, baik dari tipe full-touch maupun dengan keyboard

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.