Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung "Diasingkan" dari iPhone 6

Kompas.com - 02/04/2013, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Apple dan Samsung punya hubungan unik. Meskipun saling berseteru di pasar gadget mobile dan ruang pengadilan, keduanya tetap menjalin kerjasama penyediaan komponen. Samsung pun hingga kini menjadi satu-satunya penyalur yang memproduksi chip untuk iPhone, iPad, dan iPod.

Tapi belakangan muncul kabar bahwa Samsung akan segera "diasingkan" oleh Apple. Laporan sebuah media Korea menyebutkan bahwa sebagian besar -kalau bukan semua- order chip prosesor untuk iPhone 6 yang akan dirilis tahun 2014 kemungkinan bakal dialihkan ke Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Tak seperti Samsung, TSMC adalah produsen semikonduktor independen terbesar di dunia yang tidak bersaing langsung dengan Apple.

Para petinggi Samsung dilaporkan belum menerima order chip 20 nanometer yang akan digunakan di digunakan di iPhone generasi berikutnya itu. Produsen ini pun disebut peneliti Korea Investment & Securities Seo Won-seok hanya akan menyalurkan 70 persen chip Apple di tahun 2014. Sisanya akan diproduksi oleh TSMC.

Samsung memiliki divisi semikonduktor yang berdiri terpisah dari divisi mobile yang memproduksi perangkat-perangkat macam smartphone Galaxy S. Masing-masing disebut Samsung beroperasi secara "tertutup" agar tidak membuat khawatir klien besar seperti Apple.

Namun, Sam Grobart dari Bloomberg Bussinessweek menyebutkan bahwa dengan menerima order dari Apple,  Samsung bisa menggunakan posisinya sebagai penyalur komponen untuk mengetahui strategi masa depan Apple, terutama yang terkait dengan hardware perangkatnya.

Apple sendiri sudah sejak lama dikabarkan bakal memecah produksi komponen chip ke produsen-produsen selain Samsung untuk mengurangi ketergantungan terhadap mitra sekaligus rival beratnya itu.

Bagaimana dengan TSMC? Produsen ini dilaporkan sedang memfinalisasi desain chip Apple A7 yang akan digunakan di iPhone 6. Prototipenya dikatakan sudah akan siap pada Mei mendatang. Produksi massal dijadwalkan sudah bisa dimulai awal tahun 2014.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com