Lenovo Bakal Buat Prosesor Ponsel Sendiri

Kompas.com - 02/04/2013, 10:14 WIB
EditorReza Wahyudi

lenovo Ponsel Lenovo LePhone K800

KOMPAS.com - Produsen komputer Lenovo asal China, akan masuk dalam bisnis desain chip untuk ponsel pintar dan tablet. Inisiatif ini nampaknya didorong keinginan untuk mengendalikan nasib sendiri dalam bisnis ponsel pintar dan tablet.

Ya, Lenovo siap mengikuti jejak Apple dan Samsung yang merancang chip sendiri.

Langkah awalnya yang akan dilakukan, adalah menambah jumlah tim insinyur chip menjadi 100 orang pada pertengahan 2013. Seorang sumber yang dekat dengan Lenovo mengatakan pada Electrical Engineering Times, Jumat (29/3/2013), perusahaan akan mempekerjakan 40 insinyur chip di Shenzen dan 60 insinyur di Beijing.

Untuk memperkuat tim, Lenovo merekrut pendiri sekaligus mantan karyawan Yahoo, Jerry Yang, untuk duduk di kursi dewan penasehat.

Kemudian, Lenovo juga menambahkan insinyur kawakan Tudor Brown sebagai direktur non-eksekutif. Brown adalah salah satu pendiri ARM, perusahaan asal Inggris yang mendesain arsitektur prosesor ARM.

Sebelumnya, Lenovo menggunakan prosesor ponsel dan tablet dari produsen lain. Lenovo mengadopsi prosesor MT6573 dari buatan MediaTek dalam ponsel Android A60 di tahun 2011. Lenovo juga menjadi perusahaan pertama di luar Samsung, yang mengadopsi prosesor Exynos 4 buatan Samsung untuk ponsel LePhone K860.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun belakangan, Samsung menolak untuk memasok prosesor kepada Lenovo. Menurut kabar yang beredar di industri teknologi, penolakan itu didasarkan atas persaingan yang makin ketat.

Di China yang notabene adalah pasar besar, Lenovo telah menjadi pesaing kuat Samsung. Samsung masih menguasai pasar dengan raihan 17,7 persen, diikuti Lenovo di peringkat dua dengan 13,2 persen dan Apple 11 persen.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X