Jangan Pasrah dengan Rumah Seken!

Kompas.com - 02/04/2013, 11:08 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Membeli rumah seken bukan berarti Anda harus pasrah dengan keadaan rumah yang Anda taksir. Rumah seken juga dapat memberi keleluasaan mendekor dan menciptakan rumah impian Anda.

Namun, bila Anda masih memiliki beberapa pilihan, ada baiknmya perhatikan dahulu penerangan rumah tersebut sebelum menjatuhkan pilihan. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda cek ulang:

Periksa arah hadap rumah

Cobalah mengecek arah hadap rumah Anda. Bukan soal fengsui, namun arah hadap rumah sangat menentukan jumlah cahaya yang dapat masuk ke rumah.

Selain melihat dari pintu utama, cek juga arah hadap jendela. Posisi jendela menentukan dari sisi mana cahaya dapat masuk ke rumah.

Sebagai contoh, pintu rumah Anda menghadap utara, namun rumah yang ingin Anda beli tersebut menghadap ke timur. Maka, setiap pagi rumah Anda akan memiliki banyak cahaya hangat.

Perhatikan juga konsep interior rumah dan ketersediaan jendela di tiap ruangan. Konsep open floor membuat cahaya dapat masuk ke dalam ruangan tanpa terhalang sekat. Dengan banyaknya jendela dan sedikit sekat, Anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan cahaya matahari di dalam rumah.

Fungsi ruangan

Anda harus memperhatikan ruangan mana yang akan sering Anda gunakan. Kebutuhan banyaknya cahaya dalam satu ruangan sangat terpengaruh oleh fungsi ruangan yang bersangkutan.

Sebagai contoh, Anda akan lebih membutuhkan sinar matahari di dapur, ruang makan, dan ruang keluarga ketimbang di ruang tidur. Untuk itu, pastikan cahaya dapat mengakses ruang-ruang yang membutuhkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X