Kompas.com - 02/04/2013, 14:14 WIB
EditorReza Wahyudi

mozilla.com Mozilla Firefox rilis versi terbaru,

JAKARTA, KOMPAS.com - Gemar berselancar di dunia maya? Jika iya, kemungkinan besar nama Mozilla sudah tidak asing lagi bagi Anda. Saat ini, produk miliknya, Firefox, telah menjadi salah satu browser (peramban) yang paling banyak digunakan.

Termasuk sukses di dunia peramban, Mozilla pun tengah bersiap dalam mengembangkan sayapnya. Awal tahun 2014 mendatang, Mozilla akan mulai menjadi salah satu kompetitor dalam persaingan produk sistem operasi mobile, bersama dengan pemain lain, seperti Google, Apple, dan Linux.

Berikut 15 fakta menarik mengenai Mozilla, seperti dipaparkan oleh Mozilla Indonesia Community, untuk menyambut ulang tahun ke-15 Mozilla, seperti dikutip langsung dari siaran pers yang diterima KompasTekno, Senin (1/4/2013).

1. Proyek Mozilla diluncurkan di browser Netscape tanggal 31 Maret 1998.

2. Bangga sebagai nirlaba, Mozilla membuat produk seperti Firefox, dengan sebuah misi untuk menjaga kekuatan web tetap berada di tangan penggunanya, di mana saja.

3. Lebih dari 10.000 kontributor menyatakan dukungan mereka terhadap misi Mozilla dengan membayar iklan sehalaman penuh di koran The New York Times pada hari peluncuran Firefox 1.0 di tahun 2004.

4. Saat ini, kontributor Mozilla ada di setiap benua, termasuk Antartika (di mana Firefox digunakan oleh lebih dari 80% pengguna Internetnya).

5. Lebih dari 3 miliar pengaya (add-on) telah diunduh pengguna sejauh ini.

6. Mozilla memiliki berbagai fitur keamanan di perambannya, seperti fitur Jangan Lacak (Do Not Track) dan Collusion yang memberikan penggunan kendali lebih besar atas data pribadi mereka.

7. Komunitas global Mozilla telah menerjemahkan Firefox ke 89 bahasa, yang berarti peramban milik mereka tersedia untuk lebih dari 95% populasi dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.