Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2013, 07:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, jumlah pengguna sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 8, mulai meningkat. Sayangnya, pangsa pasar milik Windows 8 ini masih belum dapat mengalahkan pangsa pasar produk yang banyak disebut sebagai karya gagal Microsoft, Windows Vista.

Penelitian Net Applications pada bulan Maret 2013 lalu, mencatat pangsa pasar Windows 8 sebesar 3,31 persen, meningkat dari 2,79 persen di bulan sebelumnya.

Sedangkan Windows Vista, walau mengalami sedikit penurunan, masih mampu berada di Windows 8. Pangsa pasar Windows Vista telah mencapai 4,99 persen, menurun dari 5,17 persen.

Windows 7 masih menjadi versi Windows yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem operasi yang resmi diluncurkan Microsoft pada Oktober 2009 tersebut mengalami peningkatan minor dari 44,55 persen menjadi 44,73 persen.

Sedangkan di urutan selanjutnya, masih ada Windows XP dengan jumlah pangsa pasar 37,73 persen, menurun dari 38,99 persen di bulan Januari.

Dikutip dari The Next Web, Selasa (2/4/2013), secara total, Windows memiliki pangsa pasar sebesar 91,89 persen secara global.

Posisi kedua dan ketiga ditempati sistem operasi milik Apple, yakni Mac OS sebesar 6,94 persen dan Linux dengan 1,17 persen.

Windows 8 sendiri diluncurkan pada Oktober 2012. Sistem operasi ini dikabarkan akan segera diganti oleh Windows Blue yang kabarnya akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2013 ini.

os_march_2013

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.