Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ingin Patenkan iPhone "Melengkung"

Kompas.com - 03/04/2013, 08:23 WIB
huffingtonpost.com

KOMPAS.com — Layar lebar dengan fitur layar sentuh (touchscreen)? Ah, itu sudah biasa. Bagaimana dengan layar yang membungkus hampir seluruh permukaan perangkat smartphone?

Konsep inilah yang hendak dipatenkan oleh Apple. Keuntungannya adalah memperbesar area pandang (viewing area) dan meniadakan kebutuhan akan tombol fisik.

Seperti terlihat dalam gambar, konsep perangkat masa depan rekaan Apple tersebut menggunakan teknologi display yang ditanam secara melengkung ke tubuh smartphone sehingga "membungkus" sebagian besar permukaan, termasuk bagian pinggir.

Dengan cara ini, tombol fisik pun bisa digantikan oleh "tombol virtual" berupa ikon yang ditampilkan di layar.

Menurut keterangan dalam dokumen pengajuan paten, dengan "membungkus" komponen-komponen internal di dalam layar, fungsionalitas perangkat konsep itu bisa ditingkatkan sehingga "melebihi satu permukaan".

Desain ini pun menghilangkan bingkai atau bezel yang biasanya mengelilingi layar smartphone dan sedikit mengurangi ukuran display.

Sebelumnya, Samsung, rival berat Apple, sudah mendemonstrasikan teknologi layar melengkung yang bisa diaplikasikan untuk smartphone konsep tersebut. Apple pun telah mematenkan teknologi serupa, yaitu layar kaca yang bisa dibengkokkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com