Kompas.com - 03/04/2013, 13:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Semakin lama perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet makin bertenaga, termasuk dalam urusan gaming. Ini dimungkinkan berkat perkembangan kinerja hardware yang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Begitu pesatnya perkembangan ini, wakil presiden senior divisi konten Nvidia Tony Tamasi sampai mengatakan, performa chip mobile "Tegra 5" buatan perusahaan itu bakal mengalahkan konsol game PlaySyation 3 dan Xbox 360.

"Saat ini pun PS3 dan Xbox 360 sebenarnya hanya sedikit lebih cepat dari perangkat mobile. Mereka akan terlibas oleh smartphone generasi berikutnya," ujar Tamasi pada situs bit-tech.net.

Pemroses grafis PS3 dan Xbox 360 memiliki kemampuan komputasi 200 GFLOPS (Giga FLOPS, Floating-point Operations Per Second) sementara Tegra 4, chip mobile terkini buatan Nvidia, memiliki kinerja teoritis sebesar 80 GFLOPS).

Dari klaim Tamasi, agaknya chip "Tegra 5" bakal memiliki kinerja dua kali lipat lebih tinggi dari Tegra 4. Nvidia sebelumnya mengklaim bahwa kinerja chip "Parker" yang akan dirilis pada 2015 bisa 100 kali lebih tinggi dibanding chip Tegra 2 yang dirilis pada 2011.

PlayStation 3 sendiri menggunakan pemroses grafis buatan Nvidia bernama "RSX Reality Synthesizer". Konsol ini pertama dirilis pada 2006 dan sedang menunggu digantikan oleh penerusnya, PlayStation 4. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.